PRAKTIK PENGOBATAN PENYAKIT DALAM PERSPEKTIF SYARIAT

Asep Awaluddin

Abstract

Dewasa ini Umat Islam setidaknya dihadapkan dengan dua kenyataan yang kurang menguntungkan akan kaitannya dengan isu pengobatan. Yang pertama adalah fakta bahwa sebagian besar obat-obatan yang berdedar di toko-toko obat atau apotek belum memenuhi standar kehalalan. Terlebih dengan kontra indikasi dan status bahan pada tiap-tiap obat yang kurang begitu mendapat perhatian dari kalangan konsumen. Kedua, adalah adanya penyalahgunaan produksi obat-obatan herbal atau apa yang di kenal masyarakat luas dengan obat alternatif atau at-Thibb an-Nabawim dimana sebagian produsen yang berpandangan pragmatis sekaligus bermental kapitalis berlomba untuk meraih keuntungan darinya. Hasilnya adalah bahwa harga pada sebagian obat-obatan jenis ini membumbung tinggi darinya, diperlukan solusi dalam mengatasi hal ini. Pemahaman terhadap konsep pengobatan yang benarlah yang bisa diantaranya, menjadi solusi bagi isu terkait. Ini dikarenakan bahwa karakteristik dari pemahaman yang benar ini akan menjadikan cara pandang seorang muslim menjadi lebih tajam. Hasilnya adalah tentu saja kesadaran dan perhatian yang mendalam tentang status hukum obat yang dikonsumsi bagi konsumen sekaligus perbaikan niat bagi para produsen. Pencapaian lebih jauh ialah penerapan jenis dan pola pengobatan yang sesuai dengan syari’ah yang lebih dikenal dengan ath-Thibb an-Nabawi.

Keywords

Cara pandang Islam; Kesembuhan; ath-Thibb an-Nabawi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 0 times

References

Abood, Richard. 2010. Pharmacy Practice and The Law. Ed. 6 (Revisi). Canada: Jones & Bartlett Learning.

Ad-Dimasyqi, Abu al-Fida’ Isma’il bin Umar bin Katsir al-Farsy. 1998. Tafsir al-Qur’ani al-Adzim. Tah. Sami bin Muhammad Salamah. Al-Madinah al Munawwarah : Daru Thoyyibah. Cet-2. Juz 6

Ad-Dimasyqi, Syamsuddin Muhammad bin Abu Bakr bin Ayyub az Zar’i Ibnu al-Qayyim al-Jauziyyah. Ath-Thibb an-Nabawi. Beirut: Daru al-Fikr, tt.

Al-Ashfahany, Husein bin Muhammad bin Mufadldlil ar Ragib Mufradat alFadz al-Qur’an. Damaskus: Dar al –Qolam,tt. Juz 1

Al-Attas, Muhammad al-Naquib. 1995. Prolegomena to The Metaphsyc of Islam, an Exposition of the Fundamental Element of the Cara Pandang of Islam, Kuala Lumpur: ISTAC.

Al-Baghdadi, Abdurrahman. 2002. Babi Halal Babi Haram. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Baidlawy, Nashiruddin Abu Sa’id Abdullah bin Umar bin Muhammad As-Sairazy. Anwaru at-Tanzil wa Asraru at Ta’wil. Tafsir Al-Baidlawy. Juz 4. Al Maktabah Asy Syamilah .

Al-Ja’fi. Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al Bukhary. 1985. Al-jami’u ash-Shahih al-Mukhtashar. Tah. Musthafa Daibi al-Bagha. Beirut: Daru Shadir, tt. Cet-1. Juz. 14

As Sayyid, Abdul Basith Muhammad. 2006. 365 Tips Sehat ala Rasulullah. Jakarta: Mizan Publika

Handayani, Lestari. 2006. Cara Benar Meracik Obat Traditional. Jakarta: Agro Media.

Harmanto. Ning et.all. 2007. Pilih Jamu Dan Herbal Tanpa Efek Samping. Jakarta: Elec Media Komputindo.

Nadesul, Handrawan. 2009. Dari Balik Kamar Praktik Dokter. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.