Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang)

Authors

  • Alvina Rahma Anggraeni Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
  • Euis . Soliha Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Keywords:

Kualitas produk, Citra merek, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Penelitain ini dilakukan di Kopi Lain Hati Lamper Semarang. Responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Random Sampling. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kriteria sebagai berikut: konsumen atau pelanggan yang berusia minimal 17 tahun, konsumen atau pelanggan yang sudah pernah mengkonsumsi produk Kopi Lain Hati Lamper Semarang dan sudah pernah berkunjung di Kopi Lain Hati Lamper Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji variabel kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh, citra merek, dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 

References

Adrian Yudya Prasetyo Achmad Fauzi Dh Brillyanes Sanawiri. (Diakses 6 Februari 2020 Pukul 15.25 Wib.). Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Progam Studi Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Dan Menggunakan Sepatu Converse) . Jurnal Administrasi Bisnis.

Amrullah, Artika Romal (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manejemen. Vol.5 No.7, Juli 2016. (ISSN 2461-0593).

Basu Swastha, Irawan;. (2000). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2. Yogyakarta: Liberty.

Danang, Sunyonto;. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Caps.

Fajar Setianingsih, Nur Dan Nurhadi, M.M;. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, Dan Suasana Toko. Pengaruh Persepsi Harga,…(Nur Fajar Setianingsih) 82, 7.

Fatmawati, Nurul Dan Euis Soliha. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan. Tahun 10. No. 1, April 2017.

Handoko, S. D. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 3.

Hakim, Lukmanul dan Rinjani Saragih. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Jurnal Ecosimba Vol.6 No.2 2019.

Imron Imron. (2019 ). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada Cv. Meubele Berkah Tangerang . Ijse – Indonesian Journal On Software Engineering,Vol.5, No. 1, Juni 2019, 19-28 , Diakses 6 Febtruari 2020 Pukul 15.30 Wib.

Krisnawati, Novik Dan Dr Mahmud,Mm;. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. 14.

Kotler Dan Keller . (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Person Prentice Hall.

Kotler, Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Dan 2. Jakarta: Pt Indeks.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Alihbahasa : Benyamin Molan. Manajemenpemasaran. Edisiketigabelas. Jilid 1. Cetakankeempat. Jakarta: Pt. Indeks.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid. Jakarta: Erlangga.

Kotler,Keller. (2016). Marketing Management, 16 Edition. New Jersey: Pearson.

Maupa, Haris, S. N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Makassar. Jbmi Vol. 16 No. 2 Oktober 2019, 31.

Mohamad H.P. Wijaya (2013). Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4, Desember 2103, Hal. 105-114. (ISSN 2303-1174).

Muharam, Wifky dan Euis Soliha. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu&Call Of Pappers Unisbank ke-3 (Sendi_U 3) 2017 ISBN:9-789-7936-499-93.

Promosi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang. Vol.8 No.2. Edisi Juni 2016, Hal 92-121. (ISSN: 2252-826)

Ratela, Gerry Doni dan Rita Taroreh (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal EMBA. Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 460- 470. (ISSN 2303-1174).

Rizan, Mohamad, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Jrmsi) | Vol. 6, No. 1, 2015, 21.

Sari, Rindang Lista, Silvya L. Mandey Dan Agus Supandi Soegoto (2014). Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA. Vol.2 No.2, Juni 2014, Hal 1222-1232. (ISSN 2303-1174).

Sunawarman, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapan Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612