Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro)

Ali . Mujahidin, Fifi . Zuhriah, Ifa . Khoirianingrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh langsung citra perguruan tinggi dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa. Penelitian ini juga menguji dan menganalisis pengaruh tidak langsung citra perguruan tinggi dan kompetensi dosen terhadap loyalitas mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro metode pengambilan sampel simple random sampling. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode dan alat analisis adalah untuk menguji hipotesis adalah Path Analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perguruan tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, citra perguruan tinggi tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, kompetensi dosen tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, serta kepuasan mahasiswa memediasi citra perguruan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa, dan kepuasan mahasiswa memediasi pengaruh kompetensi dosen terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords


Citra perguruan tinggi, kompetensi dosen, kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arwanda, Hartoyo & Sri. (2014). Kepuasan, Citra dan Loyalitas pada Lembaga Pendidikan Tinggi: kasus di Akademi XYZ

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. 17 No. 2, hlm. 114-126

Bitner, Mary Jo, Zeithaml, Valarie A. (1996). Services Marketing. Edisi1. MCGraw-Hill, Boston

Caruana, A. (2002). Service Loyalty The Effects of Service Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction, European Journal of Marketing, Vol 36 No. 7/8

Choi Sang Long, Zaiton Ibrahim, Tan Owee Kowang. (2014). An analysis on the relationship between lecturers competencies and students satisfaction. International Education Studies

Data Statistik Pendidikan Tinggi 2017 Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Jakarta 2018

Dharmayanti, D (2006). Analisis dampak service performance dan kepuasan sebagai moderating variable terhadap loyalitas nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1 No. 1, p. 37-38

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kestiaan Pelanggan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hasan, A. (2008), Marketing. Media Utama, Yogyakarta

Irawan, H. (2007). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. ElexMedia Komputindo, Jakarta

Ilhami, F (2013). Kualitas Layanan, Citra dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada PT Bank Bni 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya), Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 11 No. 3

Irawati, D. (2013) Pengaruh Kinerja Dosen dan Kualitas Layanan Administrasi Akademik terhadap Loyalitas Mahasiswa pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Sumber Arta, Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 2 No. 1

Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor

Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Pusaka Utama Grafiti, Jakarta

Kementrian Perindstrian Republik Indonesia. (2018). Analisis Perkembangan Industri Edisi II

Kotler dan Susanto. (2000). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. (2003). Marketing Management, 11th Edition. Prentice Hall.Inc, New Jersey

Leon dan Kanuk. (2004). Consumer behavior, Pearson Prentice Hall, New Jersey

Mowen dan Minor. (2002). Perilaku Konsumen jilid 2, Edisi 5. Erlangga, Jakarta

Muhammad Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitif-Kualitatif, UIN–Malang Press, Malang

Mulyana, Deddy. (2008). Komunikasi efektif : Suatu pendekatan lintas budaya. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Palilati, A. (2004). Pengaruh Tingkat Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Wilayah Bugis , Analisis, Vol.1 No.2 hal. 65- 74

Rampersad, H. K. (2005). Total Performance Scorecard. Cetakan ke 3. Victoy Jaya Abadi, Jakarta

Setiyawan. (2016). Membangun citra kampus melalui kepuasan mahasiswa berdasarkan kualitas layanan. Arthavidya, Vol. 18 No. 2

Sanjaya, S., & Pratiwi, N. (2018). Pengaruh People, Process dan Physical Evidence terhadap kepuasan atas pelayanan pada perbankan syariah di kota padang. Jurnal lembaga keuangan dan perbankan Al-Masraf, Vol. 3 No.2

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Rosdakarya, Bandung

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. (2015). Statistika untuk penelitian. Alfabeta, Bandung

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tjandra O, Eveline G, Kaihatu T & Nugroho A, (2014). Analisa Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Perantara di Restoran Boncafe. Surabaya: Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra

Mushanto, T. (2004). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2, hal. 123 – 136

Umar, Husein. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usman, M.U. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja, Bandung

Undang - Undang No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen

Wibowo. (2004). Akuntansi Untuk Bisnis:Usaha Kecil dan Menengah. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21111/tijarah.v4i2.2828

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AL TIJARAH (p-ISSN: 2460-4089; e-ISSN: 2528-2948), is a scientific journal semiannually published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor, Jln. Raya Siman KM. 5, Ponorogo, Jawa Timur; Telp. (0352)48762, Fax: (0352)488182, E-mail: altijarah@unida.gontor.ac.id

Creative Commons License
Al Tijarah (p-ISSN: 2460-4089; e-ISSN: 2528-2948) by http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats