Pengaruh Bahan Makanan dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited Chumphon Thailand.

Penulis

  • Zulfatus Sa'diah University of Darussalam Gontor, Indonesia (Corresponding Author)
  • Oma Sukkaithin University of Darussalam Gontor, Indonesia
  • Hilda Lutfiani Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Brunei Darussalam
  • Muhammad Rofiqul A'la Al-Azhar University, Egypt
  • Devid Frastiawan Amir Sup University of Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/aliktisab.v9i1.13108

Kata Kunci:

Bahan Makanan, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian

Abstrak

Industri makanan halal di Thailand cukup berkembang namun berdasarkan data yang didapatkan oleh penelitian masih banyak produk yang diperjualbelikan di pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited Chumphon Thailand belum memiliki label halal dan ada yang mecantumkan label halal tidak otentik. Frekuensi pembelian produk makanan oleh konsumen muslim di pasar Tha Sae Land juga cukup aktif. Dalam upaya memenuhi kebutuhannya, sebagai seorang muslim seharusnya mengutamakan aspek kehalalan pada produk makanan dan  bahan makanan dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert (1-5) kepada 100 konsumen muslim di pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited Chumphon Thailand. Dan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yaitu Parsial Least Squares (PLS) dengan bantuan SmartPLS 3.2.9. yang diarahkan untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan makanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited, dan juga labelisasi halal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited. Demikian dapat dikatakan bahwa masyarakat konsumen muslim selalu memperhatikan bahan makanan yang digunakan dalam produk makanan dan akan membeli makanan yang sudah jelas komposisinya dan bagi masyarakat komnsumen muslim informasi ingredients sangat penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Kemudian Masyarakat mempunyai pengetahuan mengenai label halal dan mempercayai terhadap label halal dan mempunyai penilaian terhadap label halal itu sendiri dalam pengambilan keputusan pembelian. Dan saran dari penelti untuk produsen agar menerbitkan sertifikasi halal untuk menciptakan rasa nyaman bagi konsumen.

Referensi

Achjari, D. (n.d.). Partial Least Squares: Another Method Of Structural Equation Modeling Analysis (p. 243).

Achjari, D. (2004). Partial Least Squares: Another Method of Structural Equation Modeling Analysis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Volume 19(Number 3), 243.

Admin, S. M. P. (n.d.). Kegiatan Ekonomi: Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. In Direktorat SMP (blog. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kegiatan-ekonomi-produksi-distribusi-dan-konsumsi/.

Aminuddin, M. Z. (2016). Sertifikasi Produk Halal: Studi Perbandingan Indonesia Dan Thailand. Shahih: Journal Of Islamicate Multidisciplinary, 1(1).

Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6719

Chaikong, P., & Mukarromah, S. (2022). Peran Majelis Agama Islam Thailand dalam Penerbitan Sertifikat Halal Food di Thailand. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 5(77), 60–69. https://doi.org/10.30595/pssh.v5i.427

Chaisribunmak, J. (n.d.). Data of Market.

Desmatuti, D., & Panorama, D. (2023). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Pempek 26 Ilir Kota Palembang Menurut Maqashid Syariah (p. 2681).

Devid Frastiawan Amir Sup, Namira Muthia Rosalina, Setiawan Bin Lahuri, Andini Rachmawati, M. A. A. (2023). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Terhadap Kebiasaan Bersedekah Mahasiswi. Iqtishoduna, 19(1).

Dewanti, I. N., & Irwansyah, I. (n.d.). Disonansi Kognitif Dalam Perilaku Konsumen Masyarakat Indonesia Terhadap Pembelian Produk Tanpa Logo Halal. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 103.

et.al, R. S. H. (n.d.). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (p. 43).

Fajrina, M. D. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Ringan (p. 29).

Garson, D. (2016). Partial Least Squares: Regression and Structural Equation Models. Statistical Associates Blue Book Series.

Hayani, N. (n.d.). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan oleh Ibu Rumahtangga Muslim di Pekanbaru. Al-Amwal, 8(1), 37. http://jurnal.stei-iqra-annisa.ac.id/index.php/al-amwal/article/view/110.

Hayani, N. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan oleh Ibu Rumahtangga Muslim di Pekanbaru. Al-Amwal, 8(1), 37. http://jurnal.stei-iqra-annisa.ac.id/index.php/al-amwal/article/view/110.

Iqram, A. (2022). Pengaruh Lebelisasi Halal, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Uin Ar-Raniry Banda Aceh [Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22506/

Joseph F Hair, J. et. a. (n.d.). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM. SAGE Publications.

Kurokawa, K. (2011). Challenge of the Halal Food Certificate for Food Marketing: Implications from the Local Branding Strategy of Thailand. Studies in Regional Science 41, 4, 1050.

Larcker, F. (n.d.-a). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error (pp. 39–50).

Larcker, F. (n.d.-b). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error (p. 42).

Mayang Fuji Desmatuti, Yeyen Deskaryani, and M. P. (2023). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Pempek 26 Ilir Kota Palembang Menurut Maqashid Syariah. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(4), 2683. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/11708/7340

Nasution, E. M., & Nasution, U. A. H. (n.d.). Konsumsi Makanan Halal Dan Haram dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. In Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM (p. 2782).

National Bureau of Agricultural Commodity and Food Standards The Halal Standard Institute of Thailand, คู่มือแนะนํา ฮาลาล-ฮารอม (Vol. 2551, pp. 23–24). (n.d.).

Nurlaela, Pettenreng, H. A. M. A., & Hamid, H. (2021). Produk Halal Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen (A. Burchanuddin & Z. Makkawaru (Eds.); Cetakan Pe). Pusaka Almaida.

Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models (pp. 117–118). (n.d.).

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Putri, V. K. M. (2022). Keputusan Pembelian dalam Perilaku Konsumen. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/14/110000469/keputusan-pembelian-dalam

Rohayedi, E., & Maulina, M. (2020). Konsumerisme Dalam Perspektif Islam. Transformatif, 4(1). https://doi.org/10.23971/Tf.V4i1.1900.

Rosyda. (n.d.). Teori Perilaku Konsumen: Pengertian, Faktor dan Aplikasi dalam Bisnis. In Gramedia Literasi (blog. https://gramedia.com/literasi/teori-perilaku-konsumen/.

Sa’diah, Z., Saraswati, M. A., & Retnowati, M. S. (2022). Analysis of Religiosity and Halal Labels Towards Purchasing Decision on Cosmetic Products (Study on Regular Female Student of The University of Darussalam Gontor). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 7(2), 168–186. https://doi.org/10.30736/jes.v7i2.360

Siwalankerto, R. K. D. J. (n.d.). Analisa Pengaruh Individual Factor Terhadap Entrepreneur Motivation Mahasiswa Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra Surabaya (Vol. 3, Issue 1, p. 680).

Suksuai, S. (2024). Pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited. https://rspo.org/members/2-1004-19-000-00/

Suprianto, S., Kurniawansyah, K., & Fikri, M. (n.d.). Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Muslim. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 7(2), 183.

Susiana, F. I. (n.d.). Pengaruh Labelisasi Halal dan Komposisi Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Kerupuk Cabe Mai Satun pada Masyarakat Muslim Kota Dumai. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2). https://doi.org/10.57113/his.v1i2.81.

Susiana, F. I. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal dan Komposisi Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Kerupuk Cabe Mai Satun pada Masyarakat Muslim Kota Dumai. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2). https://doi.org/10.57113/his.v1i2.81.

Tambunan, Nurhalima, & Manshuruddin. (2022). Makna Makanan Halal dan Baik Dalam Islam, Cetakan pertama. March.

Thompson, D. Wb. R. (n.d.). The Partial Least Squares (PLS) Approach to Causal Modeling: Personal Computer Use as an Illustration (Vol. 2). Waiter de Gruyter.

Toyo, M. (2019). Labelisasi Halal Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Memilih Produk Makanan Sesuai Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 69–83. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117

Ummah, M. S. (2019). Labelisasi Halal dan Purchase Intention Pada Produk Halal Non Makanan. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-01

Cara Mengutip

Sa’diah, Zulfatus, Oma Sukkaithin, Hilda Lutfiani, Muhammad Rofiqul A’la, dan Devid Frastiawan Amir Sup. 2025. “Pengaruh Bahan Makanan Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Pasar Tha Sae Land Settlement Cooperative Limited Chumphon Thailand”. AL- IKTISAB Journal of Islamic Economic Law 9 (1):51-72. https://doi.org/10.21111/aliktisab.v9i1.13108.

Terbitan

Bagian

Articles