Pemanfaatan Majalah Suara Muhammadiyah Edisi 2015 sebagai Sumber Belajar Dinamika Peradaban Islam

Authors

  • Suwarno Suwarno Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2823

Keywords:

Suara Magelang Magazine, 2015 edition, learning resources, dynamics, Islamic civilization

Abstract

AbstractThis study aims to reveal how far the 2015 edition of Suara Muhammadiyah (SM) magazine can be used as a learning resource for the subject of the Dynamics of Human Civilization at the Muhammadiyah University of Purwokerto S2 Social Sciences Education Study Program (PIPS). The method used in this study is a method of social research with a qualitative approach. Social research methods consist of four steps, namely: data collection, data reduction, data presentation, and verification or conclusion. The results of the study show that the 2015 edition of SM magazine can be used as a source of learning the dynamics of Islamic civilization. There are two main rubrics that can be used as learning resources for lecture material on the dynamics of Islamic civilization, namely sirah, and the chronicle of the Islamic world. A key element of the triumph of Islam is progress in the field of science both general and religious. In general science, the sirah rubric only shows Ibn Rushd as a maestro of philosophy. But in relation to religious science, the sirah rubric features many ulama figures, for example: founding 4 jurisprudence jurisprudents (Hanafi, Maliki, Asy Syafii and  Hanbali), commentators (Al Thabari and Al Qurtubi), and experts hadith (Al Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tarmizi, Al Nasai and Ibn Majah). While in the chronicle of the Islamic world, many present the actual news of the Islamic world, especially about Palestine.Keywords: Suara Muhammadiyah Magazine, Learning Source, Islamic Civilization, Islamic World Cronic, SirahAbstrakKajian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh majalah Suara Muhammadiyah (SM) edisi 2015 dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk mata kuliah Dinamika Peradaban Manusia pada Program Studi S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sosial dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian sosial terdiri atas empat   langkah, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah SM edisi 2015 dapat digunakan sebagai sumber belajar dinamika peradaban  Islam. Ada dua rubrik utama yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk  materi perkuliahan dinamika peradaban Islam, yakni sirah, dan kronik dunia Islam. Elemen kunci kejayaan Islam adalah kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan baik umum maupun agama. Dalam ilmu pengetahuan umum, rubrik sirah hanya menampilkan seoarng Ibnu Rusyd sebagai  maestro ilmu filsafat. Namun dalam kaitan dengan ilmu pengetahuan agama, rubrik sirah banyak menampilkan tokoh ulama, sebagai contoh:  ahli fiqih pendiri 4 mazhab (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Asy Syafii dan Imam Hanbali), ahli tafsir (Al Thabari dan Al Qurtubi), serta ahli hadits (Imam Al Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tarmizi, Al Nasai dan Ibnu Majah). Sementara dalam kronik dunia Islam banyak menampilkan berita aktual dunia Islam, terutama soal Palestina.    Kata kunci: majalah SM, edisi 2015, sumber belajar, dinamika,  peradaban Islam 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Akbar S. Citra Muslim Tinjauan Sejarah dan Sosiologi. Terjemahan Nunding Ram dan Ramli Yakub. (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1992).

Ambarwati, Unik. “Media dan Sumber Belajar”, http: //www.staff.uny.ac.id., diakses tanggal 5 Juni 2018.

Belgrami, Hamid Hasan dan Sayid Ali Asyraf. Konsep Universitas Islam. Terjemahan Machnun Husein. (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989).

Burhani, Ahmad Najib. Muhammadiyah Jawa. (Jakarta: Al Wasat, 2010).

Faqih, Aunur Rahim dan Munthoha (editor). Pemikiran dan Peradaban Islam. (Yogyakarta: UII Press, 1998).

Hasyim, Mustofa. “Dakwah Bertingkat Majalah Suara Muhammadiyah,” dalam Jurnal Dakwah. Vol. IX. No. 1. Januari – Juni 2008.

Jainuri, A. Gerakan Reformasi Islam di Jawa Pada awal Abad Keduapuluh. (Surabaya” Bina Ilmu, 1981).

Kutojo, Sutrisno dan Mardanas Safwan. K.H. Ahmad Dahlan Riwayat Hidup dan Perjuangannya. (Bandng: Angkasa, t.t.).

Nashir, Haedar. Memahami Ideologi Muhammadiyah. (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2014).

Ridjal, Tadjoer. “Metode Bricolage dalam Penelitian Sosial,” dalam Bungin, Burhan (eds.). Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. (Jakarta: Faraja Grafindo Persada, 2001).

Saeful Rahmat, Pupu.“Penelitian Kualitatif,” dalam Jurnal Equilibrium. Vol. 5. No. 9. Januari – Juni 2000.

Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Terjemahan Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Suara Muhammadiyah semua edisi Tahun 2015.

“Suara Muhammadiyah dan Jurnalisme Kaum Modernis,” dalam www.tirto.id., 9 Februari 2018.

“Suara Muhammadiyah, Jejak Media Perjuangan Kemerdekaan RI,” dalam www. republika.co.id., 9 Februari 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. (Bandung: Alfabeta, 2009).

Suwarno. Relasi Muhammadiyah, Islam dan Negara (Kontribusi Muhammadiyah dalam Perspektif Sejarah). (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Downloads

Submitted

2019-01-17

Accepted

2019-04-28

Published

2019-04-30