Konsep Pendidikan Ibn Khaldun

Authors

  • Qosim Nurseha Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i1.311

Keywords:

Ibn Khaldun, Pendidikan Islam, Adab, Dikotomi Ilmu

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ilmu yang terangkum dalam al-Qur’an merupakan gambaran hakekat alam semesta yang harus diajarkan dengan terus menerus. Ibn Khaldun merupakan contoh kecil dari mereka yang berupaya mengajarkan hakekat pendidikan Islam. Melalui bukunya yang berjudul al-Muqaddimah dan al-‘Ibar, Ibn Khaldun ingin menegaskan bahwa ilmu yang dipelajari oleh manusia harus tercermin dalam perilakunya (adab). Selain itu, poin penting yang ditulis dalam bukunya yaitu bahwa dalam Islam tidak ada dikotomi ilmu pengetahuan. Sebab, dalam perspektif Islam, ilmu bersumber dari satu Dzat Agung yaitu Allah SWT.

Downloads

Published

2016-01-26

How to Cite

Nurseha, Q. (2016). Konsep Pendidikan Ibn Khaldun. At-Ta’dib, 9(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i1.311