Representasi Persatuan dan Kesatuan dalam Lagu “Tahayya” World Cup 2022 (Analasis Semiotika Rolland Barthes)

Authors

  • Yasmin Afifah Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Abstract

 Abstrak: Lagu merupakan media persuasif untuk mempengaruhi perilaku, merubah pola pikir dan membentuk kepercayaan masyarakat. Seperti halnya Lagu Indonesia Raya yang merupakan bukti kegigihan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Penelitian ini peneliti merepresentasikan makna persatuan dan kesatuan yang kuat dalam penyeleggaraan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Berbagai bentuk respon negatif dan berita kontraversional dapat di nertalisir secara perlahan dengan adanya literasi yang cukup di kalangan publik melalui hantaman media. Peneliti berusaha tidak berpihak pada kekurangan akan tetapi tetapi tetap mempertimbangkan kelebihan turnamen ini. Lirik lagu Tahayya mencakup kode linguistik sebagai tanda yang dilengkapi dengan visualisasi klip video. Tujuan penelitian ini adalah untuk merepresentasikan makna kesatuan dan persatuan dalam lirik lagu Tahayya World Cup yang memiliki keunikan karena mencakup kombinasi bahasa Arab dan Inggris dengan analisis semiotika Rolland Barthes. Metode yang digunakan adalah tiga jenis pemaknaan yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini adalah bahwa Video dan Lirik lagu Tahayya World Cup 2022 merepresentasikan makna persatuan dan kesatuan tercermin dalam keragaman budaya pemain yang merupakan kekayaan dunia dan tetap menjunjung tinggi martabat setiap negara, memperkuat tali persaudaraan, persatuan dilahirkan dari kedamaian dan keadilan dalam wujud kompetisi sehat dan suportif. 

References

Allen, Graham. (2003). Rolland Barthes. Routledge Taylor and Francis Group: New York.

Barakat, Halim. Zakkie, Irfan. (2015). Dinamika Kebudayaan Arab Seri Dunia Arab.

Berger, A.A. Semiotics and Society. Soc 51, 22–26 (2014). https://doi.org/10.1007/s12115-013-9731-4

Cooke, D. (1959). The Language of Music. Oxford and New York: Oxford University Press.

Hall, Stuart. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices. Sage Publications, Inc; Open University Press.

Hasibuan, Anisa Putri. (2022). Representasi Ikatan Ibu dan Anak dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Karya Nadin Amizah (Analisis Semiotika Rolland Barthes). Universitas Muhammadiyyah: Sumatera Utara

Homas, et. al (1999). Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Poerwadarminta, Wjs. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ramadhany, Nadina. (2022). Representasi Quarter Life Crisis dalam Lirik Lagu “Takut” oleh Idgitaf. Universitas Bakrie: Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syarbaini, Syahrial. (2010). Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Windariyah, Devi Suci. (2022). Makna Lagu Ya lal Wathon bagi masyarakat Indonesia. Jember: Jurnal UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember.

Downloads

Published

2023-05-05