ANALISIS KEPUASAN AKSEPTOR KB SUNTIK TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA

Ayu Tri Wahyuning Tyas, Oki Nugraha Putra, Effendi Rachmat

Abstract

Salah satu tempat dilakukan layanan program Keluarga Berencana (KB) ialah puskesmas. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis tingkat kepuasan akseptor KB suntik terhadap pelayanan informasi obat di beberapa puskesmas di Surabaya dengan metode serqvual. Penelitian observasional ini menggunakan desain cross-sectional dengan akseptor KB suntik sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner yang telah tervalidasi selama Desember 2019 hingga Maret 2020. Gap dari kelima dimensi servqual didapatkan dengan mengurangi skor kinerja dengan skor harapan. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 100 akseptor KB suntik, rata-rata kesenjangan antara harapan dan kinerja ialah -0,08 dengan nilai kesenjangan terbesar pada dimensi empathy yaitu -0,14. Uji Mann-Whitney digunakan untuk melihat perbedaan skor kesenjangan dari kelima dimensi servqual dan didapatkan hasil bahwa hanya dimensi empathy yang memberikan perbedaan signifikan antara skor kinerja dan skor harapan (p-value=0.002). Kesimpulannya ialah tingkat harapan akseptor KB suntik lebih besar dibandingkan tingkat kinerja layanan informasi obat yang diberikan oleh pihak Puskesmas kota Surabaya dengan tingkat kepuasaan pasien dalam kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.