Pengaruh Akad Mudharabah pada Produk Takaful (Fulnadi) terhadap Kepuasan Nasabah, Ditinjau dari Hukum Islam (Studi Kasus PT. Takaful Keluarga Cabang Surabaya)

Authors

  • Annas Syams Rizal Fahmi Universitas Darussalam Gontor
  • Zulfajrin Zulfajrin Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Mudharabah, Takaful, Kepuasan Nasabah, Correlation Product Moment.

Abstract

Mudharabah adalah kerja sama antara pemilik dana atau penanam modal dengan pen- gelola modal untuk melakukan usaha tertentu dengan pembagian keuntungan berdasarkan nisbah yang telah disepakati. Berdasarkan hasil wawancara awal bahwa implementasi akad Mudharabah yang diterapkan pada produk fulnadi merupakan produk yang paling banyak diminati peserta asuransi Takaful Keluarga Cabang Surabaya, dibuktikan dengan populasi 90% dari seluruh nasabah pada tahun 2011 adalah dari nasabah Fulnadi, yang berdampak pada tingkat kepuasan nasabah dalam penggunaan produk tersebut. Dari pengamatan awal yang dilakukan peneliti dan hasil observasi awal, peneliti memberikan hipotesis awal bahwa ada pengaruh dari akad mudharabah pada produk fulnadi terhadap kepuasan nasabahnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan jenis dari penelitian kasus dengan mengambil sampel sebanyak 20 responden dan 10% dari total populasi dari seluruh peserta  fulnadi.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  angket,  wawancara  dan  doku- mentasi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya diolah dengan analisis korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, dan terakhir menggunakan uji hipotesis yang menggunakan tiga pengujian yaitu metode, uji keofi sien determinasi (uji r), uji signifikansi simultan (uji f), uji signifikansi parameter individual (uji statistik t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan serta pengaruh akad mudharabah pada produk fulnadi mempunyai hubungan yang signifi kan, berdasarkan hasil pengujian melalui pro- gram SPSS, nasabah telah mendapatkan apa yang mereka inginkan dari hal fi sik maupun spiritual dalam mengambil produk tersebut, yang sesuai dengan syariat Islam dan berbagai faktor lainnya, sehingga menimbulkan kepuasan menurut pandangan Islam pada nasabah akan produk tersebut dalam jangka yang lama. 

References

Anwar Saifeudin.Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar. 2007.

Ahmad bin Husain. Sunan As Shagir Lil Baihaqi, Bab Ad Dhiyat sub bab Al A’qilah, Jami’atu ad dhirosat Al Islamiyah, Pakistan.

Denziana Angrite et al. Corporate Financial Performance Eff ect Of Macro Economic Factors Against Stock Return, Jurnal Akuntasi & Keuangan, Vol 5 no.2 septermber 2014

Imam Mustofa. Fiqih Muamalah, Jakarta: Rajagrafi ndo persada. 2016

Mardani. Hukum Sistem Ekonomi Islam, Jakarta: Rajagrafi ndo persada. 2015

Prasetyo Bambang. Metode Pnelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press. 2007

Program SPSS Versi 22. 2017

Rozalinda. Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktifi tas Ekonomi, jilid ke 6, Jakarta: PT Raja Grafi ndo Persada. 2015

Sakinah, Investasi Dalam Islam, Jurnal Iqtishadia, Vol. 1, no. 2 Desember 2014

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta. 2017 Suhendi, Hendi., Fiqh Muamalah, Jakarta: Rajagrafi ndo. 2004 Sundari. Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Probank Ekonomi dan Perbankan, Vol 2. No 2. 2016

Syafe’I, Rachmat. Fiqh Muamalah, Bandung: Pustaka Setia. 2004

Syakir Sula Muhammad. Asuransi Syariah Life And General, Gema Insani. 2004

Syakir Sula Muhammad. Asuransi Syariah Life And General, Gema Insani. 2004

Fahmi Reza, penarikan sampel penelitian, https://www.academia.edu / 12977584 / penarikan _ sampel _ penelitian ? auto = download, diakses pada 3 maret 2018

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Articles