ولادة اللوتس في منظور القواعد الفقهية (دراسة تحليلية فقهية)

Authors

  • Andini Rachmawati Universitas Darussalam Gontor
  • Abdila Malika Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jicl.v4i1.6408

Abstract

Lotus Birth adalah praktik meninggalkan tali pusat tidak dipotong setelah melahirkan sehingga bayi dibiarkan melekat pada plasenta secara alami memisahkan umnilikus, waktu yang biasa dibutuhkan 3-10 hari. Lotus birth dalam pelaksanaanya memiliki maslahah dan mafsadah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana praktek penerapan Lotus Birth dalam proses persalinan, dan bagaimana pandangan qowaid-ul-Fiqhiyyah terhadap penerapan Lotus Birth. Sehingga dalam penanggulangan persalinan kala III tidak salah memilih metode sesuai dengan arahan tim medis dan sesuai dengan syariat islam. Pembahasan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan dalam tehnik pengumpulannya, penelitian ini menggunakan tehnik studi literature setelah data terkumpul, kemudian dianalisa melalui metode deduktif untuk menemukan hasil penelitian bersumberkan Al-Qur’an dan Hadits. Agar analisa lebih mendalam penulis melanjutkannya dengan menggunakan tehnik analisa deskriptif. Dalam penelitian ini penulis mengkaji bahwa lotus birth memiliki manfaat dan bahaya. Apabila dibandingkan antara keduanya, bahaya memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Diantara manfaatnya terdapat mashlahah wahmiyyah yang tidak dapat dibuktikan karena bedasarkan pengalaman pribadi. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa sebaikanya lotus birth dihindari karena dapat memberikan bahaya yang besar terhadap ibu dan anak sampai menyebabkan kematian. Maka meninggalkan kerusakan lebih baik dibandingkan mengambil kemaslahatan.Kata kunci: Lotus Birth, Maslahah, Mafsadah

References

عبد الرحمن بن أبي بكر، جلال الدين السيوطي. (1441هـ-1990م). الأشباه والنظائر. دار الكتب العلمية.

محمد الطاهر بن محمد. (1425 هـ - 2004 م). مقاصد الشريعة الإسلامية. قطر: وزارة الأوقاف والشؤون الإسلامية.

محمد بن علي ابن القاضي محمد حامد بن محمّد صابر الفاروقي الحنفي التهانوي. (1996م). موسوعة كشاف اصطلاحات الفنون والعلوم. بيروت: مكتبة لبنان ناشرون.

محمد بن مكرم بن على، أبو الفضل، جمال الدين ابن منظور الأنصاري الرويفعى الإفريقى. ( 1414 ه). لسان العرب. بيروت: دار صادر.

مجمع اللغة العربية بالقاهرة. (بلا تاريخ). المعجم الوسيط. القاهرة: دار الدعوة.

محمد بن عبد العزيز المبارك. (بلا تاريخ). قاعدة درء المفاسد مقدم على جلب المصالح وتطبيقاتها الطبية. بجامعة الإمام محمد بن مسعود.

محمد صدقي بن أحمد بن محمد آل بورنو أبو الحارث الغزي. (1424 هـ - 2003 م). مُوْسُوعَة القَواعِدُ الفِقْهِيَّة. بيروت – لبنان: مؤسسة الرسالة.

الكتاب منشور على موقع وزارة الأوقاف السعودية بدون بيانات. (بلا تاريخ). الفقه والشريعة. السعودية: وزارة الأوقاف السعودية.

محمد حسن عبد الغفار. (بلا تاريخ). القواعد الفقهية بين الأصالة والتوجيه. دروس صوتية قام بتفريغها موقع الشبكة الإسلامية.

Published

2021-08-16

How to Cite

Rachmawati, A., & Malika, A. (2021). ولادة اللوتس في منظور القواعد الفقهية (دراسة تحليلية فقهية). Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.21111/jicl.v4i1.6408

Issue

Section

Hukum Islam dan Hukum Positif