Strategi Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Tuli dalam Pendampingan Anak di Masa Pubertas

Authors

  • Fefy Sheilla Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Palupi Palupi Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i2.8538

Keywords:

interpersonal communication strategy, deaf parents, puberty

Abstract

Interpersonal communication in family relationships is an important thing for everyone, including deaf parents. Communication between parents and children will affect the formation of children's character and nature. Therefore, a communication strategy is needed in providing assistance to children according to the needs and conditions of the child, especially for children entering their teens. This study was conducted with the aim of finding out how the interpersonal communication strategies of parents with deafness with their children who have normal hearing are in mentoring during puberty and the challenges they face. The theory used in this research is the theory of CMM (Coordinated Management of Meaning). This research is a qualitative descriptive study that collects data through semi-structured in-depth interviews with three deaf parents. The results of this study indicate that each informant has a strategy in providing assistance during puberty. Two informants use a catalyst strategy, and one informant uses a hanging sword strategy.

References

Agustin, Ninis Dwi. 2018. Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Mencegah Seks Pra Nikah (Studi Deskriptif Kualitatif Dikalangan Orang Tua Dan Anak Di Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun). (Unpublished thesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.Alfansyur, Andarusni, and Maryani. 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 5(2):146–50.Anjani, Dzia, Mutiara Fadhila, and Winda Primasari. 2019. Strategi Komunikasi Pendidik dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya 5(2):1–16. doi: 10.33558/MAKNA.V5I2.1804.Astuti, Denny. 2015. Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal dengan Anak Perempuannya Setelah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus Komunikasi Antarpribadi Di Desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo). Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8 (1), 19–34.Aswinda. 2021. Strategi Komunikasi Orangtua Dalam Mencegah Seks Pranikah Pada Remaja Di Desa Bilalang Kecamatan Bacukiki. (Unpublished thesis). IAIN Parepare, Parepare, Indonesia.Azmi, Nurul. 2015. Potensi Emosi Remaja dan Pengembangannya. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 2(1):36–46. doi: 10.31571/SOSIAL.V2I1.50.Baharuddin. 2019. Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Pubertas Remaja. AN-NISA : Jurnal Studi Gender Dan Anak 12(1):610–21. doi: 10.30863/ANNISA.V12I1.455.Barge, J. Kevin. 2004. Human Systems: Articulating CMM as a Practical Theory. The Journal of Systemic Consultation & Management 15:187–98.Batubara, Jose RL. 2016. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri 12(1):21. doi: 10.14238/sp12.1.2010.21-9.Benyamin, Priskila Issak. 2020. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3(1):13–24. doi: 10.47167/kharis.v3i1.43.Bhakti, Wirayudha Pramana. 2018. Implementasi Pendidikan Akhlak Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD/MI. Hikmatuna: Journal for Itegrative Islamic Studies. 4(1):17–34.Devito, Joseph A. 2019. The Interpersonal Communication Book (15th ed.). Boston: Pearson.Diananda, Amita. 2019. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1(1):116–33. doi: 10.33853/ISTIGHNA.V1I1.20.Erlangga, Erwin. 2017. Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 4(1):149–56. doi: 10.15575/PSY.V4I1.1332.Fatmasari, Agustin Erna, and Dian Ratna Sawitri. 2020. Kedekatan Ayah - Anak Di Era Digital : Studi Kualitatif Pada Emerging Adults. Prosiding Seminar Nasional 2020 Millenial 5.0 Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 1–11.Griffin, Emory A. 2011. A First Look at Communication Theory (8th ed). New York: McGraw-Hill.Gumelar, Giilang; Hanny Hafiar; Priyo Subekti. 2018. Bahasa Isyarat Indonesia Sebagai Budaya Tuli Melalui. Informasi : Kajian Ilmu Komunikasi 48(1):65–78. doi: http://dx.doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17727 BAHASA.Hasmawati, Fifi. 2020. Karakteristik Komunikator yang Efektif dalam Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI) 4(2):69–95. doi: 10.19109/JKPI.V4I2.7315.Hasmayati, Etty. 2016. Model Komunikasi Orang Tua Tunarungu yang Memiliki Anak Mendengar. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 1(2). doi: 10.30870/E-PLUS.V1I2.1163.Kamaruzzaman. 2016. Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang 2(2). doi: 10.24176/JKG.V2I2.744.Kusuma, Rina Sari. 2009. Komunikasi Antar Pribadi Sebagai Solusi Konflik pada Hubungan Remaja dan Orang Tua Di SMK Batik 2 Surakarta. Warta LPM (2):49–54.Mudjiyanto, Bambang. 2018. Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 22(2):151–66. doi: 10.31445/JSKM.2018.220205.Muniarti, Erni. 2019. Perbedaan dan Persamaan Diantara Komunikator, Strategi - Strategi Kendali Komunikasi, dan Implikasi Moral Mengenai Kendali Komunikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia.Nur Fida, Wa, and A. Alimuddin Unde. 2019. Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Remaja dalam Menghadapi Pergaulan Bebas Di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi 2(1):20–30. doi: 10.35326/MEDIALOG.V2I1.151.Nurdin, Ali. 2020. Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Jakarta: Prenada Media.Nurhaipah, Titih. 2019. Komunikasi dalam Hubungan Akrab Berdasarkan Perspektif Manajemen Koordinasi Makna. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek 3(1):27–45. doi: 10.32534/jike.v3i1.879.Othman, Areej, Abeer Shaheen, Maysoon Otoum, Mohannad Aldiqs, Iqbal Hamad, Maysoon Dabobe, Ana Langer, and Jewel Gausman. 2020. Parent–Child Communication about Sexual and Reproductive Health: Perspectives of Jordanian and Syrian Parents. Sex Reprod Health Matters. 28(1):1758444. doi: 10.1080/26410397.2020.1758444. PMID: 32425136; PMCID: PMC7888065.397.2020.1758444 28(1). doi: 10.1080/26410397.2020.1758444.Otta, Lidya T, Max Rembang, and Stefi H. Harilama. 2018. Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Guru Dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Modoinding. Acta Diurna Komunikasi. 7 (3), 1-15.Pearce, W. Barnett. 2004. The Coordinated Management of Meaning (CMM). In Wiiliam B. Gudykunst (ed.). Theorizing About Intercultural Commmunication (pp. 1-15). Sage Publication Inc.Prima Dewi Kusumawati, Sepda Ragilia, Nur Widya Trisnawati, Nindya Cahya Larasati, and Sergio Rodrigues Soares Aning Laorani. 2018. Edukasi Masa Pubertas Pada Remaja. Journal of Community Engagement in Health 1:1–3. doi: 10.30994/10.30994/vol1iss1pp16 Edukasi.Raco, Jozef. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. OSF Preprints. doi: 10.31219/OSF.IO/MFZUJ.Rini Hariani Ratih, Sara Herlina, Yusmaharani. 2020. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Ddngan Upaya Mempersiapkan Masa Pubertas pada Anak di SD Negeri 20 Pekanbaru. JOMIS (Journal of Midwifery Science) 4(2):80–85. doi: 10.36341/JOMIS.V4I2.1320.Rusman, Farid. 2019. Strategi Komunikasi Orangtua Dengan Anak dalam Rangka Memahami Perkembangan Anak di Kota Batu. Jurnal Perempuan dan Anak 2(1):29–38.Singleton, Jenny L., and Matthew D. Tittle. 2000. Deaf Parents and Their Hearing Children. The Journal of Deaf Studies and Deaf Education 5(3):221–36. doi: 10.1093/DEAFED/5.3.221.Soeroso, Santoso. 2016. Masalah Kesehatan Remaja. Sari Pediatri 3(3):189. doi: 10.14238/sp3.3.2001.189-97.Subekti, Nyaindah Muntyas, Dhita Kris Prasetyanti, Anis Nikmatul Nikmah,. 2020. Gambaran Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan dalam Menghadapi Pubertas pada Remaja. Jurnal Mahasiswa Kesehatan 1(2):159–65. doi: 10.30737/JUMAKES.V1I2.775.Sutrisnadipraja, Grace; Nathasya Shesilia; Sheila Putri F; Yessica Yulianto; Penny Handayani; Weny Pandia Sembiring. 2019. Intervensi Psikoedukasi dalam Mengatasi Stigma dan dalam Gerkatin Kepemudaan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4348Tomm, Karl. 1987. Interventive Interviewing: Part II. Reflexive Questioning as a Means to Enable Self‐Healing. Family Process 26(2):167–83. doi: 10.1111/J.1545-5300.1987.00167.X.Umniyya, Amira Nissa. 2021. Strategi Komunikasi Antarpribadi Ustadzah dan Santri dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Daar El-Hikam Ciputat.(Unpublish thesis). UIN Jakarta. Jakarta, Indonesia.Widowati, Dewi. 2018. Komunikasi Pendidikan dalam Upaya Penguatan NKRI Pada Siswa SMPN Pamarayan. Prosidinng Konferensi Pendidikan Nasional 32–39.Wijaya, Immanuel Khomala. 2017. Proses Komunikasi Interpersonal Bawahan Tuna Rungu-Wicara dengan Atasannya (Supervisor) Di Gunawangsa Hotel Manyar Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 5 (1), 1–12.

Downloads

Published

2023-01-11