STRATEGI KOMUNIKASI DOSEN DIGITAL IMMIGRANT DALAM PROSES MENGAJAR DARING PADA BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Authors

  • Rafiqah Yusna Siregar Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6872

Keywords:

Strategi Komunikasi, Dosen Digital Immigrant, Proses Mengajar Daring, Sains dan Teknologi, Universitas Sumatera Utara.

Abstract

Abstrak  Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi dosen digital immigrant dalam proses mengajar daring pada bidang ilmu Sains dan Teknologi di Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif interpretif serta desain penelitian studi kasus. Kebaruan dalam penelitian adalah berfokus pada kredibilitas generasi digital immigrant terhadap penggunaan media baru yang dikombinasikan ke dalam proses mengajar secara daring di bidang ilmu Sains dan Teknologi yang didominasi oleh matakuliah praktikum bersifat eksperimental yang dilakukan di laboraturium. Informan utama berasal dari bidang Sains dan Teknologi berbeda-beda dengan kelahiran sebelum tahun 1980. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan dosen dalam proses mengajar daring pada bidang ilmu Sains dan Teknologi berdasarkan kredibilitas penguasaan teknologi yang berbeda beda. Kredibilitas penguasaan teknologi media baru oleh dosen seperti memanfaatkan aplikasi tambahan untuk mengunduh video pembelajaran dari situs internet, mampu mengedit foto dan video pembelajaran, menggunakan aplikasi untuk mendesain struktur bangunan di bidang arsitektur, membuat dan merancang website serta aplikasi berbasis android, aktif di media sosial untuk mendukung kegiatan mahasiswa dan terdapat satu orang informan yang hanya mampu menggunakan aplikasi pembelajaran daring Zoom dan Google Classroom. Adaptasi dalam mempelajari teknologi media baru dilakukan dengan cara otodidak dalam wujud mengikuti video tutorial melalui situs Youtube dan bertanya kepada pihak lain yang lebih paham akan teknologi. Terdapat dua orang dosen yang mengatakan bahwa sejak awal penerapan pembelajaran daring tidak mengalami hambatan dalam penggunaan teknologi media baru karena bidang ilmu mereka sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi, yaitu ilmu komputer & teknologi informasi dan arsitektur.

Author Biography

Rafiqah Yusna Siregar, Universitas Sumatera Utara

Magister Ilmu Komunikasi (Akreditasi A), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Akreditasi A)

References

Bencsik, A., & M. (2016). Knowledge Sharing Problems from the View Point Intergeneration Management. 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governace (ICMLG, 42.

Bungin, B. (2014). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. PRENADA MEDIA GROUP.

Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Fauziyyah, N. (2019). Communication Ethics of Digital Natives Students Through Online Communication Media to Educators: Education Perspective. Jurnal Pedagogik, 6(2), 18.

Hakim, W. (2014). Proses Komunikasi Terintermediasi. . . P. X Tour Journal E-Komunikasi., 2(2), 4.

Herliani, L. (2015). Analisis Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Anggota BUSAM (Bubuhan Samarinda). E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(4), 7.

Hills, Michael, K. (2010). Digital Natives and Immigrants: The Role of Student Attitudes Towards Technology on Attrition and Persistence in Professional Military Education Online Distance Learning Environments, A Dissertation in Information Science and Technology. Proquest LLC.

https://www.brin.go.id/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.

https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/27bdb5850ac3939. (2020). No Title.

Kania, I. dkk. (2018). Strategi Komunikasi. UMM Press.

Kertamukti, R. (2013). Strategi Komunikasi Antarpribadi Dosen dan Mahasiswa dalam Pengembangan Jiwa Kreatif. E-Journal UIN-SUKA, 6(2).

Kurniawan, H. dan E. S. (2021). Pembelajaran Matematika dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic. Penerbit Deepublish.

Levine, M. dan S. W. (2015). Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19. Journal Untar, 5(1).

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. PRENADA MEDIA GROUP.

Mahfud, M. (2015). Strategi Komunikasi Integrasi Interkoneksi dalam Meningkatkan Kualitas Skripsi Mahasiswa. E-Journal UIN-SUKA, 8(1).

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Morissan, M. . (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. PRENADA MEDIA GROUP.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal: Disertai Contoh Fenomena Praktis. Kencana.

Panggabean, S. (2020). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Praktikum Secara Daring di Program Studi Keteknikan Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Putra, Yanuar, S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 3.

Reid, D. dan O. (2011). iPads in the Classroom-New Technologies, Old Issues: Are They Worth the Effort? World Conference on Educational Multimedia Hypermedia and Telecommunications.

Sabda, S. dkk. (2015). Digital Native dan Digital Immigrant (Studi tentang Penggunaan Teknologi Informasi oleh Guru Madrasah di Kalimantan Selatan). Jurnal UIN-Antasari, 2.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Pustaka Setia.

Tatang. (2016). Dinamika Komunikasi. CV Pustaka Setia.

Tumanggor, W. R. E. (2020). Rancangan Panduan Perkuliahan Praktikum Secara Virtual Pada Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Dengan Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning USU.

Downloads

Published

2021-12-30