Digital Marketing: Metode Utama Komunikasi Pemasaran Atraksi Wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Authors

  • Taufik R Talalu Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. 1 Jalan Gelatik No.1 Kota Gorontalo, 96135, Indonesia
  • Citra Fransisca Indah Lestari Dano Putri Universitas Negeri Gorontalo. Jalan Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, 96128, Indonesia
  • Ibnuh Vanli Mokodompit Universitas Negeri Gorontalo. Jalan Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, 96128, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6619

Keywords:

BUMDes, Digital Marketing, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Key Method of Marketing Communication for Tourist Attraction of Village-Owned Enterprises

Abstract

Abstrak Unit usaha “Kolam Renang Nagara” yang dikelola BUMDes “Go Inovasi” dibangun pada tahun 2019 dan mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2020 di tengah wabah Covid-19. Pembangunan atraksi wisata di Desa Nagara diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar. Promosi dibutuhkan agar “Kolam Renang Nagara” dapat dikenal luas dan dikunjungi wisatawan, sehingga kebangkitan ekonomi masyarakat bisa terwujud. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan corak promosi dan kendala yang dihadapi BUMDes “Go Inovasi”. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan data sekunder yang bersumber dari internet, dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital marketing merupakan metode komunikasi pemasaran atraksi wisata. Kemudian, media sosial yang menjadi saluran promosi adalah Facebook dan Instagram, namun, promosi lebih aktif dilakukan melalui Facebook. Metode promosi dirumuskan dengan memperhatikan khalayak sasaran, tujuan, pesan, media, sumber pesan, dan biaya. Sedangkan masih terdapat keterbatasan akses jaringan internet, belum memadainya perlengkapan penunjang promosi, dan belum tersedianya sumber daya manusia yang menguasai promosi pariwisata merupakan kendala dalam penerapan digital marketing. Abstract  “Kolam Renang Nagara” as a business unit managed by BUMDes “Go Inovasi” was established in 2019 and opened for the public in the middle of 2020 or in the midst of the covid-19 pandemic. The development of tourist attraction in Nagara Village is expected to grow community’s economic. In addition, promotion is required so that “Kolam Renang Nagara” can be known widely and attract many tourists so that it eventually grows the community’s economic. This current research aims to describe promotion pattern and obstacles encountered by BUMDes Go Inovasi. The data used are primary data collected through interview and secondary data obtained from internet. The data are then analyzed by using stages of data reduction, data display, and conclusion drawing. The research findings indicate that: 1) digital marketing is the marketing communication method used in this tourist attraction; 2) the social media used as promotion channel are Facebook and Instagram, however, Facebook is the one that is frequently used; 3) the promotion method is formulated by paying attention to target, goal, message, media, source of message, and cost; and 4) the limited internet network access, inadequate supporting equipment for promotion, and unavailability of human resources who master tourism promotion are obstacles in the application of digital marketing.  

References

Avinda, C. B., Sudiarta, I. N., & Karini, N. M. O. (2016). Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata). Jurnal IPTA, 4(1), 55–60. https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p10Fadlan, F. (2020). Nagara Kolam renang Tawarkan Sensasi Berenang Diatas Gunung. https://www.sulut24.com/2020/07/nagara-swimming-pool-tawarkan-sensasi.htmlFitria, F. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 13–28. http://ejournal.steialfurqon.ac.id/index.php/adl/article/view/4Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika.Hidayah, U., Mulatsih, S., & Purnamadewi, Y. L. (2020). Optimalisasi Unit Usaha Bumdes Harapan Jaya Berdasarkan Potensi Lokal di Desa Pagelaran. Jurnal Benefita, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i1.4274Infobmr.com. (2020). Camat Bolangitang Timur Resmikan Kolam renang Desa Nagara. https://www.infobmr.com/bmr/bolmut/camat-bolangitang-timur-resmikan-kolam-renang-desa-nagara/Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow di Kota Tomohon. Jurnal EMBA, 8(4), 11–20. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern: Acuan Wajib Mahasiswa & Profesional. Cakra Ilmu.Mamonto, F. (2021). Air dan wisata kolam pemandian Nagara, urutan ke tiga kunjungan wisatawan di Bolmut. https://torangpeberita.com/2021/02/07/air-dan-wisata-kolam-pemandian-nagara-urutan-ke-tiga-kunjungan-wisatawan-di-bolmut/?fbclid=IwAR3JXSM0LQbmwZ94qESjemGOWDmAIWMNI5j26aUsyJ5jwXZtLpCJTPlg9igMuhtar, F. (2020). 22 Desa di Bolmut Ditetapkan Sebagai Desa Wisata. https://beritamanado.com/22-desa-di-bolmut-ditetapkan-sebagai-desa-wisata/Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586Perdana, D. A. (2020). Marketing Produk pada Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang di Indonesia. In Telisik Seputar Covid-19 (Percikan Pemikiran Dosen Muda IAIN Sultan Amai Gorontalo) (pp. 187–201). Penerbit Insan Cendekia Mandiri.Prastiani, N., & Pratiwi, R. Z. B. (2020). Promosi dan Pemasaran Pariwisata Objek Wisata Tirta Sinongko Dalam Upaya Menarik Wisatawan. PRofesi Humas, 5(1), 38–57. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.21311Pratiwi, M. B., & Novianty, I. (2020). Strategi Bertahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pandemi COVID-19 pada Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding 11th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS), 11(1), 1098–1104. https://doi.org/10.35313/irwns.v11i1.2170Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586Puspawati, D. P. H., & Ristanto. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20. http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/14Rachmayanti, M., & Nofharina. (2018). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus pada Pariwisata Kabupaten Purwakarta). EProceedings of Management, 5(1), 1259–1274. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6196/6175Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130Sari, K., & Nabella, R. S. (2021). Potensi Lokal dan Pengembangan Desa Wisata Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES): Studi Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(2), 109–114. http://conference.um.ac.id/index.php/esp/article/view/596Sidik, H. (2020). Meningkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Ekonomi Pedesaan di Desa Langensari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–30. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/26518Tahir, Y. D., Kiyai, B., & Dengo, S. (2021). Strategi Promosi Pariwisata Bunga di Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik, 7(102), 69–78. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/33308Talalu, T. R. (2020). Digital Marketing: Solusi Bertahan Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) pada Masa Pandemi Covid-19. In Telisik Seputar Covid-19 (Percikan Pemikiran Dosen Muda IAIN Sultan Amai Gorontalo) (pp. 137–150). Penerbit Insan Cendekia Mandiri.Talikoti, S. C. (2019). Digital Marketing: The Vital Vitamin for The Future Marketing. Proceedings of 10th International Conference on Digital Strategies for Organizational Success, 1122–1132. https://doi.org/10.2139/ssrn.3323462Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Penerbit ANDI.Wijayatri, R., Lestari, L., Benita, I. A., Narizki, M. J., & Octavianto, P. W. (2021). Strategi Digital Marketing dan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Herbal di Desa Growong. Community Empowerment, 6(3), 486–491. https://doi.org/10.31603/ce.4314Wolah, F. F. C. (2016). Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. Acta Diurna Komunikasi, 5(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11722Yuristiadhi, G., & Sari, S. D. L. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. ETTISAL Journal of Communication, 2(2), 31–41. https://doi.org/10.21111/ettisal.v2i2.1265Zaenal, A. Z., Kamase, J., & Serang, S. (2020). Analisis Digital Marketing dan Word of Mouth Sebagai Strategi Promosi Pariwisata. Tata Kelola, 7(1), 62–77. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i1.98

Downloads

Published

2021-12-30