Jurnalisme Warga dalam Strategi Konvergensi: Akomodasi Aspirasi atau Aktifitas Buruh Digital?
DOI:
https://doi.org/10.21111/ejoc.v8i2.11957Keywords:
Jurnalisme Warga, Konvergensi Media, Radio, Suara Surabaya, Buruh Digital?Abstract
Konsep siaran citizen journalism Suara Surabaya dengan tagline News, Interaktif, Solutif berfokus pada keterlibatan khalayak dalam proses produksi berita. Konsep siaran one to many akhirnya berubah menjadi many to many didukung plaform digital yang semakin memudahkan khalayak berpartisipasi. Tingginya loyalitas khalayak terlihat pada tingginya jumlah pengikut dan interaksinya pada platform digital media sosial Suara Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi konvergensi media penyiaran menempatkan khalayak sebagai digital labor melalui bisnis penyiaran dengan konsep citizen journalism. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta kajian literatur. Hasil penelitian  menunjukkan adanya fenomena unpaid labor dalam model siaran dengan konsep jurnalis warga karena melibatkan netizen sebagai pekerja yang tidak dibayar sehingga menghasilkan surplus value dan akumulasi modal. Khalayak sebagai pekerja melakukan pekerjaanya dengan sukarela tanpa keterpaksaan, melakukan dengan kesenangan menggunakan waktu luang dan waktu ber-senang-senang yang merupakan permainan kapitalisme yang tersembunyi.References
Akbar, M. R. (2019). Kemudahan atau Kapitalisme berkedok Amal? Kajian Netnografi pada Website Amal Kitabisa.com. Jurnal Komunikasi, 10(2), 108–118. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.5696
Angella, N. B., Hadi, I. P., & Monica, V. (2018). Analisis Citra Korporat Radio Suara Surabaya Menurut Pengunjung Jazz Traffic Festival. Jurnal E-Komunikasi2, 6(2).
Anton, O., Prihartono, W., & Sos, S. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media ( Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos ). 105–116.
APJII. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Ardi, B. S. (2017). Kepuasan Pendengar Terhadap Program Kelana Kota Radio Suara Surabaya. Stikosa AWS.
Arief, B. M., & Sos, S. (2017). Implications of Convergence Media In Suara Surabaya Radio. 5(2), 295–306.
Asy’ari, N. A. S. (2016). Konsep Triple O (On Air, Non Air Dan Online) Suara Surabaya Sebagai Strategi Media Radio Menghadapi Tantangan Era Media Baru. Thesis. Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Asy’ari, N. A. S., & Marantika, N. (2020). Listenership Sebagai Evaluasi Penerapan Konvergensi Radio. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(1), 203. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.1934
Bambang, A. (2018). Implikasi Konvergensi Media Pada Proses Produksi, Alur Dan Konten Berita. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
BH, A. (2002). Suara Surabaya Bukan Radio (Z. A. Emka (ed.)). Suara Surabaya.
Dhona, H. R., & Mahatattwo, G. (2021). Pangkalan Gojek : Ruang Produk Kapitalisme Digital. Jurnal Komunikatif, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.33508/jk.v10i1.3039
Dr. Umar sidiq, M. A., & Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kuaitatif Dibidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Fauzi, A., Mahmudah, S. S., & Bachtiar, C. (2020). Instagram Sebagai Sarana Promosi Wisata di Kabupaten Jember Pada Akun Instagram @pesonajember’. Progressio.
Fisher, E., & Christian, F. (2015). Reconsidering Value and Labour in the Digital Age. Palgrave Macmillan.
Fuchs, C. (2010). Labor in informational capitalism and on the internet. Information Society, 26(3), 179–196. https://doi.org/10.1080/01972241003712215
Fuchs, C. (2014). Digital Labour Karl Marx. Routledge.
Fuchs, C. (2016). Reading Marx in The Information Age. Routledge.
Fuchs, C. (2017). Marx’s Capital in the information age. Capital and Class, 41(1), 51–67. https://doi.org/10.1177/0309816816678573
Fuchs, C., & Mosco, V. (2015). Marx in the Age of Digital Capitalism (D. Fasenfest (ed.); 80th ed.). BRILL.
Group, F. I. W. (2024). FDR Indonesia. FDR Indonesia.
Hadi, I. P. (2017). Studi Kasus Kualitatif Tentang Praktik Gatekeeper Di Radio Suara Surabaya. Seminar Iqra, 602–616.
Husbuyanti, I. E. (2021). Proletariat Digital dalam Citizen Journalism: Kasus Kompasiana. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(1), 155–174. https://doi.org/10.15575/jispo.v11i1.12201
Husna, M.A, et.al. 2018. Beyond Prosumption: Praktik Prosumsi Penulis Konten Dalam Platform News Agregator UC News. Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 44(1).LIPI
John W.Creswell. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications (Vol. 53, Issue 9).
Karman. (2013). Riset penggunaan media dan perkembangannya kini researches on media uses and its development. 93–111.
Karunianingsih, D. A. (2020). Mediatisasi Jasa Layanan Makanan Melalui Aplikasi GoFood dan GrabFood. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 129–142. https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.688
Kemenparekraf. (2021). Peran Radio Dari Masa Ke Masa. Kemenparekraf.Go.Id. https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Peran-Radio-dari-Masa-ke-Masa
Krisnawati, E., & Harnita, P. C. (2018). Identifikasi Target Khalayak Radio Suara Surabaya Di Media Sosial. Cakrawala, 251–276. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/download/3281/1454
Maria, C. (2018). Motif Pendengar Khusus Suara Surabaya Dalam.
Napoleoncat.com. (2024). NapoleonCat Stats. https://napoleoncat.com/stats/facebook-users-in-indonesia/2023/10/
Pratopo, W. M. (2018). Komodifikasi Wartawan di Era Konvergensi: Studi Kasus Tempo. Jurnal Komunikasi Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.7454/jki.v6i2.8715
Ritzer, G. (2014). Prosumption: Evolution, revolution, or eternal return of the same? Journal of Consumer Culture, 14(1), 3–24. https://doi.org/10.1177/1469540513509641
Ritzer, G., & Jurgenson. (2010). Production, consumption, prosumption; the nature of capitalism in the age of the digital ‘prosumer.’ Journal of Consumer Culture, 10(1), 13–36.
Rizal, J. G., & Nugroho, R. S. (2021). Mengenal Apa Itu Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, Millenials, Dan Alpha. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal-apa-itu-generasi-baby-boomers-x-y-z- millenials-dan-alpha?page=all
Rohmatul, A. (2020). pengelolaan kovergensi media pada suara surabaya media dalam menghadapi tantangan disrupsi. Universitas Airlangga.
Sampoerno, S., Herwandito, S., & Sari, D. K. (2018). Pergeseran Peran Dan Fungsi Radio Suara Surabaya Dari Radio Informasi Menjadi Radio Pengaduan. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 01–13. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.6
Santoso, T., & Wardhani, J. V. B. (2018). Analisa Model Bisnis Radio Suara Surabaya dan Pengembangannya di Era Disruptive Technology. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 115–121. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2435
Social, W. are, & Meltwater. (2024). Digital 2024: Indonesia. In Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Sudarma, R. (2010). Pengembangan Media Online oleh Institusi Media (Studi Kasus mengenai Fakto-faktor yang Mempengaruhi Suara Surabaya dalam Mengembangkan Media Online). Universitas Airlangga.
Sugihartati, R. (2020). Youth fans of global popular culture: Between prosumer and free digital labourer. Journal of Consumer Culture, 20(3), 305–323. https://doi.org/10.1177/1469540517736522
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Sutrisno, A. T. (2011). Motif Pendengar Menjadi Citizen Journalism Pada Radio Suara Surabaya (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motif Pendengar Menjadi Citizen Journalism Pada Radio Suara Surabaya ).
Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan. 12.
Wijaya, deddy wahyu. (2012). Sejarah Radio Republik Indonesia Wilayah Semarang Tahun 1945-1998. 1(1), 23–29.
Yoanita, D., & Lesmana, F. (2014). Akurasi Dalam Jurnalisme Warga Pada Radio Suara Surabaya. Scriptura, 4(2), 47–53. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.47-53
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ETTISAL: Journal of Islamic Communication

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors retain full copyright and grant Ettisal: Journal of Communication the right of first publication. The published work is simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).
This license allows others to share and adapt the work for non-commercial purposes, provided proper credit is given to the author(s) and the journal, a link to the license is included, and any derivative works are distributed under the same license.
Additional Distribution Rights
Authors may enter into separate, non-exclusive agreements for the distribution of the journal’s published version of their work—such as depositing it in institutional repositories or including it in edited books—provided that the initial publication in Ettisal: Journal of Communication is acknowledged.
Pre- and Post-Publication Sharing
Authors are permitted and encouraged to share their work online (e.g., through institutional repositories, academic networking platforms, or personal websites) before, during, and after the submission process. Such practices promote scholarly exchange and can enhance the visibility and citation impact of the published work.
License Statement:
All articles published in Ettisal: Journal of Communication are licensed under the Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).

