Kejayaan Kerajaan Majapahit

Pendiri Kekaisaran Majapahit, Raden Wijaya, adalah menantu Kertanagara, penguasa terakhir kerajaan Singhasari. Berbasis di Jawa timur dari 1293 hingga sekitar 1500, penguasa terbesarnya adalah Hayam Wuruk, yang pemerintahannya dari 1350 hingga 1389 menandai puncak kekaisaran ketika mendominasi kerajaan di Maritim Asia Tenggara (saat ini Indonesia, Malaysia, dan Filipina). Majapahit mencapai puncak kejayaannya selama era Hayam Wuruk, yang pemerintahannya dari 1350 hingga 1389 ditandai dengan penaklukan kerajaan di Maritim Asia Tenggara (termasuk Indonesia saat ini, Malaysia, Singapura, Brunei, Timor Leste, dan Filipina).

Kuil, yang nama resminya Wishnubhawanapura, diperkirakan dibangun pada abad ke-14 untuk memuliakan Bhre Wengker, raja Kerajaan Wengker, sebuah negara di bawah kendali Kekaisaran Majapahit. Setibanya di Jawa ekspedisi menemukan bahwa Kartanagara sudah mati dan bahwa singgasananya ada di tangan seorang perampas; jadi para jenderal Cina puas diri dengan bergabung dengan Raden Widjaya — yang telah mengirimi mereka hadiah dan pesan-pesan bersahabat — untuk mengusir perampas dan menghamburkan kerajaannya di Kediri. Ini dibuktikan oleh Raden Wiajaya, Hayam Wuruk, dan Agung Patih Gajahmada dalam upaya mewujudkan kerajaan besar, kuat dan berwibawa.

Prasasti
ini berisikan peristiwa keruntuhan kerajaan Singasari dan perjuangan mendirikan kerajaan Raden Wijaya. Gajah Mada wafat pada tahun 1364, Mahapatih Kerajaan Majapahit tidak ada duanya. Novel ini menggambarkan kisah-kisah, intrik kerajaan, dan romansa pembentukan kerajaan serta petualangan tokoh utama, seorang jelata bernama Upasara Wulung dan hubungan asmara terlarangnya dengan puteri Gayatri Rajapatni, yang kemudian menjadi permaisuri Raden Wijaya , raja pertama Majapahit.

Menurut Nagarakretagama canto 15, negara-negara asing adalah Syangkayodhyapura (Ayutthaya dari Siam), Dharmmanagari (Negara Sri Dharmaraja) di Thailand selatan, Rajapura (Ratchaburi) dan Singhanagari (Singora atau Songkla modern), Marutma (Martaban atau Mottama, Myanmar Selatan modern) , Champa (sekarang Vietnam Selatan), Kamboja (Kamboja), dan Yawana (Annam). 59 60 Mitreka Satata dapat dianggap sebagai sekutu Majapahit, karena kerajaan asing lainnya di Cina dan India tidak termasuk dalam kategori ini, meskipun Majapahit diketahui telah melakukan hubungan luar negeri dengan negara-negara ini. Dengan jatuhnya Daha, yang dihancurkan oleh Demak pada tahun 1517, 2 (hal. 6-37) pasukan Muslim yang muncul akhirnya mengalahkan sisa-sisa kerajaan Majapahit pada awal abad ke-16. 23: 200-201 Tanggal pasti yang digunakan sebagai kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatannya, tanggal 15 bulan Kartika pada tahun 1215 menggunakan kalender šaka Jawa, yang setara dengan 10 November 1293.

Kerajaan India terakhir di Indonesia; berbasis di Jawa Timur, itu ada antara abad ke 13 dan 16. Novel ini menggambarkan kisah-kisah, intrik kerajaan, dan romansa pembentukan kerajaan serta petualangan tokoh utama, seorang jelata bernama Upasara Wulung dan hubungan asmara terlarangnya dengan puteri Gayatri Rajapatni, yang kemudian menjadi permaisuri Raden Wijaya , raja pertama Majapahit. Menurut Nagarakretagama canto 15, negara-negara asing adalah Syangkayodhyapura (Ayutthaya dari Siam), Dharmmanagari (kerajaan Nakhon Si Thammarat) di Thailand selatan, Rajapura (Ratchaburi) dan Singhanagari (Singora atau Songkla modern), Marutma (Martaban atau Mottama, Myanmar Selatan modern) ), Champa (sekarang Vietnam Selatan), Kamboja (Kamboja), dan Yawana (Annam). 68 69 Mitreka Satata dapat dianggap sebagai sekutu Majapahit, karena kerajaan asing lainnya di Cina dan India tidak termasuk dalam kategori ini, meskipun Majapahit diketahui telah melakukan hubungan luar negeri dengan negara-negara ini.
Selama pembentukannya, kerajaan tradisional Majapahit hanya terdiri dari kerajaan bawahan yang lebih rendah (provinsi) di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kerajaan Jawa yang disebutkan dalam catatan ini adalah Majapahit, dan waktu kunjungannya adalah antara 1318-1330 pada masa pemerintahan Jayanegara. Dengan jatuhnya Daha, yang dihancurkan oleh Demak pada tahun 1517, 8 (hal. 6-37) pasukan Muslim yang muncul akhirnya mengalahkan sisa-sisa kerajaan Majapahit pada awal abad ke-16.

Meskipun dilemahkan oleh perjuangan internal, pada 1409 Majapahit melanjutkan invasi terhadap Kerajaan Pagaruyung Sumatera Barat, sebagaimana dicatat dalam kisah semi-legendaris legenda Minangkabau. Disebutkan bahwa pasukan Jawa dikalahkan dalam pertarungan kerbau. 24: 200-201 Tanggal pasti yang digunakan sebagai kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatannya, tanggal 15 bulan Kartika pada tahun 1215 menggunakan kalender šaka Jawa, yang setara dengan 10 November 1293. Kekuatan yang lama kerajaan tercermin dalam batas-batas modern Indonesia, yang didasarkan pada wilayah pengaruh kerajaan Majapahit lama,

Kerajaan Hindu & Budha Majapahit mendominasi urusan budaya & ekonomi Indonesia dari tahun 1293 hingga 1500 yang terbentang hingga zaman modern, Singapura, Malaysia, dan Brunei, Thailand selatan, Filipina, Timor Leste, Sumatra, dan Papua.

Sejarah Kerajaan Majapahit http://www.anton-nb.com/2015/12/sejarah-singkat-kerajaan-majapahit.html