ANALISA RESOLUSI KONFLIK GERAKAN MUHAMMADIYAH DI MINDANAO

Authors

  • Dewangga Ricco Pratama

DOI:

https://doi.org/10.21111/dauliyah.v4i2.3302

Keywords:

Filipina, Muhammadiyah, Resolusi Konflik

Abstract

Konflik sosial-politik yang terjadi di Filipina telah menimbulkan suatu diskriminasi yang berlebihan. Terdapat kebijakan kontra dari pemerintahan Filipina terhadap struktur masyarakat Mindanao. Tindakan kontra yang diterapkan oleh pemerintah Filipina adalah memarjinalisasi masyarakat Mindanao dengan cara menciptakan kesenjangan ekonomi, sosial, pendidikan dan HAM. Muhammadiyah sebagai organisasi yang memegang salah satu prinsip Islam yakni Ukhuwah Islamiyah mencoba membantu menyelesaikan konflik tersebut melalui jalur damai. Pada tulisan ini penulis akan menganalisis strategi perdamaian yang dilakukan oleh Muhammadiyah atas konflik Mindanao.

References

HLWIKI internasional. (2017, June 17). Researchmethods. Retrieved from HLWIKI: http://hlwiki.slais.ubc.ca/index.php/Research_methods

Jatmika, S. (2016). Hubungan internasional kawasan timur tengah. Yogyakarta: Samudra Biru.

Medina, S. (2017). STRATEGI MUHAMMADIYAH DALAM PROSES PERDAMAIAN KONFLIK MINDANAO. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Moore, C. W. (1982). The MediationProcess: PracticalStrategiesforResolvingConflict. San Fransisco: Jossey-BassInc.

Raharjo, A. (2015 , Juli 28). Lima agenda muktamar Muhammadiyah. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/07/28/ns6z13313-lima-agenda-muktamar-Muhammadiyah

Sandi, F. A., &Ma'arif, S. (2013). DIPLOMASI MUHAMMADIYAH DI TENGAH PUSARAN KONFLIK MINDANAO FILIPINA SELATAN. Lampung: Universitas Lampung.

Downloads

Published

2019-07-13