Analisis event marketing dan keputusan pembelian produk fashion lokal dikalangan pengunjung KICKFEST Bandung

Authors

  • Cut Irna Setiawati Universitas Telkom
  • Vicha Tafeni Meitasari Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5334

Keywords:

Event marketing, keputusan pembelian, produk fashion lokal

Abstract

Sejak KICKFEST Bandung tahun 2017 ada penurunan yang terjadi di brand clothing sebesar 30-40% dikarenakan  konsumen beralih ke penjualan online dan e-commerce. Selain itu, faktor lain dari penurunSejak KICKFEST Bandung tahun 2017 ada penurunan yang terjadi di brand clothing sebesar 30-40% dikarenakan  konsumen beralih ke penjualan online dan e-commerce. Selain itu, faktor lain dari penurunan clothing dan distro, karena ada perubahan dalam gaya hidup masyarakat untuk tahun sekarang bergaya dalam bentuk fashion bukan menjadi prioritas, untuk zaman sekarang banyak masyarakat harus memilih liburan ke tempat bagus lalu mem-posting ke sosial media. Sehingga itu menjadi kurangnya suatu ketertarikan pengunjung dalam brand fashion produk lokal di acara KICKFEST Bandung. Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana gambaran event marketing dan keputusan pembelian serta untuk menguji seberapa pengaruh event marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif serta metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu non-probablity sampling dan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 100 pengunjung. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan pengunjung KICKFEST Bandung 2019 mengenai gambaran event marketing mendapatkan rata-rata total skor 74,67% dan mengenai keputusan pembelian mendapatkan penilaian paling tinggi dengan total skor nilai 75,9%. Terakhir, event marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52,85%.

References

Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review, 38(3), 102–120.Angel López Lomelí, M., Llonch Andreu, J., & Eduardo Gómez Villanueva, J. (n.d.). Global, Local And Glocal Brands In Emerging Markets: Sources Of Brand Value And Brand Purchase Likelihood. International Doctorate in Entrepreneurship and Management (IDEM) Global, Local And Glocal Brands In Emerging Markets: Sources Of Brand Value And Brand Purchase Likelihood.Batra, R., Ramaswamy, V., Alden, D. L., Steenkamp, J. B. E. M., & Ramachander, S. (2000). Effects of Brand Local and Nonlocal Origin on Consumer Attitudes in Developing Countries. Journal of Consumer Psychology, 9(2), 83–95.Bian, Q. (2010). Examining U. S. and Chinese Students’ Purchase Intention Formation for Luxury Brand. A Thesis Submitted to the Graduate Faculty of Auburn University, November 2018, 1–179.Diantanti, N. P., Sunaryo, S., & Rahayu, M. (2018). Perbandingan Penggunaan Local-Name Brand Dan Foreign-Name Brand Pada Produk Fashion Di Kota Malang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 92–101.Economidou, C., Grilli, L., Henrekson, M., & Sanders, M. (2018). Financial and Institutional Reforms for an Entrepreneurial Society. Small Business Economics, 51(2), 279–291.Ertürk, A. (2011) “A C. P. I. the O. D. A. of C. and T. in A. (2013). The impact of event marketing on brand equity: the mediating roles of brand experience and brand attitude. International Journal of Advertising 32, No. 2 (2013): 255-280, Which Has, 2(2), 255–280.European Environment Agency (EEA). (2019). Event Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Brand Awareness Kabupaten Jember. 53(9), 1689–1699.Farid, R. (2017). Kajian Strategi Branding Clothing UNKL347. Komunikasi Visual & Multimedia, 8(1), 59–81.Fetrianggi, R., Mutiaz, I. R., & Widiawati, D. (2017). Analisis Elemen Visual Pada Promosi Busana Muslimah di Instagram (Studi Kasus Merek Hijab Juniper Lane, Zaha, dan Zysku Xena di Bandung). Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 21(1), 89.Hoyle, L. H. (2002). Event Marketing: How to successfully promote events, festivals, conventions, and expositions. In Event London (Issue JUlY).Malgorzata Karpinska-Krakowiak. (2015). Marketing Events in a Digital Era – a Comparative Analysis of New and Traditional Events in Terms of ... Conference Proceedings, 11 Annual International Bata Conference (...)". Eds. M.Hrabal, M. Opletalova, G. Orlitova, B. Haltofova, Pp 239-255, April.Manzoor, A. (2019). Innovation in Small and Medium Enterprises, Growth of SMEs and Economic Development of Pakistan. International Journal of Scientific & Engineering Research Volume 10, Issue 4, April-2019 ISSN 2229-5518, 10(4), 986–990.Mayasari, I., & Wiadi, I. (2018). Purchasing Massive Prestige Brands: The Exploration of Consumers’ Value Perceptions. ASEAN Marketing Journal, 1, 1–17.Munaf, T. (2018). Bangkitnya Label Lokal. Badan Ekonomi Kreatif, 2018, vol 7, 1–20.Rachmadhian, A. K., & Chaerudin, R. (2019). the Impact of Event Marketing on Building Brand Awareness for Fashion Customers. ASEAN Marketing Journal, XI(1), 21–23.Sari, S. (2018). Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Membeli Produk Fashion.Sasmita, J., & Mohd Suki, N. (2015). Young consumers’ insights on brand equity: Effects of brand association, brand loyalty, brand awareness, and brand image. International Journal of Retail and Distribution Management, 43(3), 276–292.Setiawan, E. (2014). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Fashion Lokal Dan Impor. Jurnal Economia, 10(1), 38–47.Trillo, A. T. (2017). Measuring Brand Equity in the Smartphone industry : An approach through Aaker ’ s Model. Final Degree Project Presented at the Faculty of Economics and Business of University of A Coruña for Obtaining the Degree in Business Administration, 1–55.Wood, E. H., & Masterman, G. (2008). Event marketing: Measuring an experience? Marketing Trends Congress, Venice, 1–27.Zhan, L., & He, Y. (2012). Understanding luxury consumption in China: Consumer perceptions of best-known brands. Journal of Business Research, 65(10), 1452–1460.

Downloads

Published

2020-12-12

How to Cite

Setiawati, C. I., & Meitasari, V. T. (2020). Analisis event marketing dan keputusan pembelian produk fashion lokal dikalangan pengunjung KICKFEST Bandung. Al Tijarah, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5334