Kandungan Asam Amino Prolin Dua Varietas Padi Hitam Pada Kondisi Cekaman

Authors

  • Intan Rohma Nurmalasari Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi, Universitas Merdeka Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21111/agrotech.v3i1.1898

Keywords:

padi hitam, asam amino prolin Polyethylene Glycol (PEG), intensitas tegangan air

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh konten prolin untuk membandingkan beberapa varietas beras hitam, untuk mengetahui efek dari Polyethylene Glycol (PEG) administrasi, untuk membandingkan antara intensitas merespon stres air dan konsentrasi pengobatan Polyethylene Glycol (PEG) untuk pertumbuhan dan daya tahan hitam. Untuk mengetahui konsentrasi yang tepat dari Polyethylene glycol (PEG) pada benih skrining awal tanaman padi hitam dan untuk membandingkan isi dari hubungan prolin dengan konsentrasi yang berbeda dari PEG terhadap pertumbuhan beberapa varietas beras hitam.Data dari hasil observasi dianalisis menggunakan metode analisis varians didasarkan pada F-test pada tingkat 5%. Nilai rata-rata dibandingkan dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test) tes pada tingkat 5% di laboratorium dengan pengobatan solusi PEG. Konsentrasi 0%, 15%, 20%, dan 40% melakukan uji korelasi. Mempelajari pengaruh stres air dengan pemberian PEG menggunakan rancangan acak lengkap.Untuk mengetahui efek stres yang tinggi meningkatkan kandungan asam amino prolin di kedua varietas padi hitam. PEG 20% konsentrasi digunakan untuk screening benih awal untuk mengetahui tahan dari berbagai stres, untuk pengobatan PEG 20% menunjukkan konten peningkatan prolin. PEG konsentrasi yang lebih tinggi, juga meningkatkan kandungan asam amino prolin sebagai toleransi bentuk kedua varietas padi hitam untuk air stres.

References

Ali, Mahrus. 2015. “PENGARUH DOSIS PEMUPUKAN NPK TERHADAP PRODUKSI DAN KANDUNGAN CAPSAICIN PADA BUAH TANAMAN CABE RAWIT (Capsicum Frutescens L.).” JURNAL AGROSAINS: KARYA KREATIF DAN INOVATIF 2 (2):171–78.

Hariyadi, Bambang Wicaksono, Mahrus Ali, and Nurlina Nurlina. 2017. “Damage Status Assessment Of Agricultural Land As A Result Of Biomass Production In Probolinggo Regency East Java.” ADRI International Journal Of Agriculture 1 (1).

Bargmann, B.O.R., A.M. Laxalt, B. ter Riet, B. van Schooten, E. Merquiol, C. Testerink, M.A. Haring, D. Bartels, and T. Munnik. 2009. Multiple PLDs Required for High Salinity and Water Deficit Tolerance in Plants. Plant and Cell Physiology 50 (1) : 78 - 89.

Dhanda, S.S., G.S. Sethi, R.K. Behl. 2004. Indices of Drought Tolerance in Wheat Genotypes as Early Stages of Plant Growth. J. Agronomy & Crop Science 190:6-12.

Jumin.H.B. 2002. Agroekologi Suatu Pendekatan Fisiologi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kirkham. M. B. 1990. Plant Responses to Water Deficit. P 323-342. In B. A. Stewart and D. R. Nielsen (Ed.) Irrigation of agricultural crops. Madison, Winsconsin USA

Lagerwerff, J.V., G. Ogata, H.E. Eagle. 1961. Control of Osmotic Pressure of Culture Solutions with Polyethylene Glycol. Science 133:1486.

Pangaribuan, Y. 2001. Studi karakter morfologi tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di pembibitan terhadap cekaman kekeringan. (Thesis) Program Pascasarjana, Intitut Pertanian Bogor. Bogor. 74 hal.

Downloads

Published

2018-06-04

How to Cite

Nurmalasari, I. R. (2018). Kandungan Asam Amino Prolin Dua Varietas Padi Hitam Pada Kondisi Cekaman. Gontor Agrotech Science Journal, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.21111/agrotech.v3i1.1898

Issue

Section

Articles