Analisis Halal Lifestyle Mahasiswa IAIN Kudus

Authors

  • Alfina Zulfatun Nasywa IAIN Kudus, Indonesia

Keywords:

Halal, Lifestyle, Mahasiswa, Kosmetik, Keputusan Menggunakan

Abstract

Halal lifestyle merupakan gaya hidup yang sesuai ajaran Islam, dalam Hadith Nabi Muhammad Saw. mengajarkan halal lifestyle salah satunya halal cosmetic. Produk kosmetik halal berkembang di bidang industri halal yang bergerak pesat dan di konsumsi di berbagai kalangan Muslim, termasuk kalangan mahasiswa. Tujuan penulisan jurnal ini sebagai bentuk untuk menganalisis dari popularitas gaya hidup yang semakin diminati oleh kalangan mahasiswa IAIN Kudus dalam menerapkan gaya hidup halal dengan produk-produk kosmetik bersertifikat halal yang memberikan keamanan, kenyamanan, kesehatan, serta sakinah, sehingga dapat bertanggung jawab dalam membelanjakan harta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan ethnography dan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mahasiswa IAIN Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa IAIN Kudus dalam menerapkan gaya hidup halal dengan cara menggunakan produk kosmetik yang bersertifikat halal yang di sebabkan karena pengetahuan, kepercayaan, kemahiran, kritis, dan informatif dalam membeli produk kosmetik. Keputusan menggunakan muncul karena sebagai umat Muslim berkewajiban untuk mengkonsumsi dan menggunakan segala sesuatu yang telah terbukti kehalalannya dan sesuai dengan fitrah seorang Muslim yang mengutamakan kesehatan, kenyamanan, kebersihan, dan keindahan.  Sebagai seorang yang menerapkan gaya hidup halal akan selektif dalam memilih produk-produk yang digunakannya, tidak hanya dari bahannya namun sampai proses pendistribuannya.

References

Amini, A., Fasa, M. I., dan Suharto. (2022). Urgensi Halal Food dalam Tinjauan Konsumsi Islam. 2 (2), 1-14.

Astuti, M. (2020). Pengembangan Produk Halal dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1 (1). https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16.

Darmalaksana, W., dan Busro. (n.d.). Kosmetik Halal sebagai Lifestyle untuk Kesehatan: Studi Takhrij dan Syarah Hadis.

Fuad, M. (2017). Psikologi Kebahagiaan Manusia. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 9 (1), 114-132. https://doi.org/10.24090/komunika.v9i1.834.

Furqon, I. K. (2018). Teori Konsumsi dalam Islam. Adzkiya: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 6 (1). https://doi.org/10.32332/adzkiya.v6i1.1169.

Mansyuroh, F. A. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Terhadap Pembelian Skin Care Tanpa Label Halal pada Muslim Generasi Z di Banjarmasin. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 11. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v11i1.3544.

Muslim, A. (2011). Peranan Konsumsi dalam Perekonomian Indonesia dan Kaitannya dengan Ekonomi Islam. 2.

Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. 1 (1).

Qur’Ani, N. (n.d.). Pengaruh Halal Lifestyle Terhadap Konsumsi Fashion Halal (Analisis Tingkat Konsumsi Produk Hijab).

Rahman, M. T., dan Setia, P. (2021). Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1 (3).

Setyowati, S. (2006). Etnografi Sebagai Metode Pilihan dalam Penelitian Kualitatif di Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10 (1). https://doi.org/10.7454/jki.v10i1.171.

Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) pada Produk Roti Sobek Trizta. Jurnal Aksi Afirmasi, 4 (2), 58-74. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v4i2.1042.

Suryowati, B. (2020). Label Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas, dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal.

Tyas, D., dan Supriyanto, A. (2022). Keputusan Konsumen dalam Memilih Hotel Syariah: Ditinjau dari Halal Lifestyle, Muslim Friendly Facilities, dan Knowledge. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11, 141-152. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i2.766.

Zaidah, N., Sholihin, M., dan Mauliadi. (2022). Halal Lifestyle dan Wara’ Lifestyle (Studi Kasus Pusat Halal Salman ITB). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2 (3).

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Nasywa, A. Z. (2024). Analisis Halal Lifestyle Mahasiswa IAIN Kudus. SYARIAH: E-Proceeding of Islamic Law, 2(2), 253–266. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/SYARIAH/article/view/12197