Kesadaran Pelaku Usaha Mikro Terkait Kewajiban Sertifikasi Halal pada Fenomena Minuman Es Teh Kekinian di Kabupaten Kudus
Keywords:
Sertifikasi Halal, Pelaku Usaha Mikro, Minuman Es Teh KekinianAbstract
References
Afif, A., Muttaqin, I., dan Udhma, N. S. (2021). Geliat dan Peluang Lain Setelah Sukses Industri di Kudus. Kanal Desa. https://kanaldesa.com/artikel/geliat-dan-peluang-lain-setelah-sukses-industri-di-kudus.
Amiruddin, K. (2013). Ekonomi Mikro: Suatu Perbandingan Islam dan Ekonomi Konvensional. Alauddin University Press.
Aziz, A., dan Vui, C. N. (2012). The Role of Halal Awareness and Halal Certification in Influencing Non-Muslim’s Purchasing Intention. 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding. 1819-1830.
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2023). Portal Satu Data KUMKM. https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-klasifikasi.
Jaya, F. (2023). Fenomena Bisnis Es Teh yang Merajalela. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/felixjaya1789/653221a9ee794a7efc6b2022/fenomena-bisnis-es-teh-yang-merajalela.
Hasibuan, T. U. S. (2023). Kewajiban Produk Bersertifikat Halal dalam Memperluas Pangsa Pasar (Tinjauan Teori Sosial Weber). LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 3 (1), 45-56.
Huda, N. (2012). Pemahaman Produsen Makanan Tentang Sertifikasi Halal. Ishraqi, 10.
Muhammad, dan Pelu, I. E. A. (2014). Labelisasi Halal. Intrans Publishing.
Mya, V. A. N., dan Handayani, T. (2023). Minat Pelaku Usaha Mikro Bidang Makanan dan Minuman di DKI Jakarta Terhadap Program Sertifikasi Halal Gratis. Islamic Economics and Business Review, 2 (2), 235-249. https://doi.org/10.59580/iesbir.v2i2.6240.
Nahrowi, R. D. (2014). Sertifikasi Halal sebagai Penerapan Etika Bisnis dalam Upaya Perlindungan bagi Konsumen Muslim. Ahkam.
Puteh, Z., Harahap, M. Y., dan Yuslem, N. (2022). Analisis Literatur Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Terhadap Kewajiban Produk Bersertifikat Halal di Indonesia. Hukum Islam, 22 (2), 48-60.
Rahayu, R., dan Yusup, A. (2022). Analisis Kesadaran Hukum dan Perlindungan Pelaku Usaha terhadap Konsumen tentang Kepemilikan Sertifikat Halal. Jurnal Riset Ekonomi Syariah (JRES), 2 (2), 129-136. https://doi.org/10.29313/jres.v2i2.1390.
Rahman, M. R., Oktavianto, M. R., dan Paulinus. (2022). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. 377-386. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/35.pdf.
Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) pada Produk Pisang Keju Raja Rasa Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4 (2), 100-112. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i2.969.
Tejawati, D. N. (2019). Eksistensi PT Sucofindo (Persero) dalam Menjamin Kehalalan Produk Makanan di Indonesia Melalui Sertifikasi Halal. Perspektif, 24, 168-176.
Zain, H. A., Wiryani, F., dan Hasanah, I. (2021). Kesadaran Hukum Sertifikasi Halal Pelaku Usaha Rumah Makan di Kota Malang. Indonesia Law Reform Journal (ILREJ), 1 (1), 122-142. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200226.034.