Realitas dalam Pemilihan Halal Food Products dan Kesadaran Konsumen Ditinjau pada Keputusan Pembelian Produk di Kota Jepara

Authors

  • Annisa Zulfiani IAIN Kudus, Indonesia
  • Muhammad Adrian Maulana IAIN Kudus, Indonesia

Keywords:

Halal Food Products, Kesadaran Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Aspek kehalalan suatu produk makanan menjadi kebutuhan yang wajib bagi setiap konsumen apalagi di negara Indonesia sendiri mayoritas penduduknya beragama Islam. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk peraturan perundang-undangan yang jauh sebelum lahirnya Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UUJPH) yang mengatur tingkah laku masyarakat di negara tersebut. Dengan adanya peraturan yang mengikat di masyarakat, maka semakin mempertegas persoalan-persoalan mengenai haram halal baik dari sistem produksi dari pelaku usaha hingga sampai dikonsumsi oleh konsumen baik Muslim maupun non Muslim dan merupakan bentuk kenyataan pada negara dalam melindungi apa yang dilakukan oleh konsumen. Permasalahan tersebut didasari pada kesadaran konsumen baik dari kalangan mahasiswa atau masyarakat umum dalam melakukan keputusan pembelian halal food products. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memahami tingkat kesadaran (awareness) mahasiswa dan masyarakat umum dalam keputusan pembelian halal food products dan kesesuaian pengembangan aspek label halal pada produk makanan ditinjau dari berbagai faktor yang meliputi harga, merek, dan  kualitas produk.  Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi dilapangan (field research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa halal awareness sangat memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian halal food products baik dari perizinan dari lembaga MUI atau pendapat terkait produk yang akan dibeli dikarenakan konsumen Muslim di Kota Jepara yang mempertimbangkan kesesuaian pada nilai-nilai agama yang menjadikan diri untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan bersertifikasi halal dari MUI. Selain itu, harga produk dan kualitas produk juga sangat mempengaruhi dalam keputusan pembelian makanan halal yang dikarenakan kredibilitas yang menimbulkan kepercayaan konsumen Muslim di wilayah Jepara.

References

Adinugraha, H. H., Isthika, W., dan Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal bagi Remaja sebagai Indikator dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 1 (3), 180-195. https://doi.org/10.21070/perisai.v1i3.1365.

Annur, C. M. (2023). 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2923, Indonesia Memimpin! databoks.katadata.co.id.

Azwar, F. L. (2019). Strategi Rantai Pasokan Halal di Malaysia. CV. Kreasi Edukasi.

Alexander, A. D., Chan, dan Muhyi, A. (2021). Keterkaitan Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tinjauan Sistematis Literature Review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 20 (3).

Kurniawati, R., Suryaputri, dan Fitria. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Halal. Taraadin, 1 (1).

Nuryati, S. (n.d.). Halalkan Makanan Anda? (Awas, Produk Haram Mengepung Kita!).

RI. (2003). Buku Pedoman Strategi Kampanye Sosial Produk Halal. Departemen Agama RI.

Sari, S., Syamsuddin, S., dan Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1 (1). https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678.

Subakti, B. A. (2019). Perkembangan Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Indonesia Journal of Halal, 5 (1).

Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) pada Produk Pisang Keju Raja Rasa Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4 (2), 100-112. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i2.969.

Wahyuni, T., Yarmunida, M., dan Arisandi, D. (2022). Kesadaran Halal Masyarakat Terhadap Produk UMKM Makanan di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 2 2(3). https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2473.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Zulfiani, A., & Maulana, M. A. (2024). Realitas dalam Pemilihan Halal Food Products dan Kesadaran Konsumen Ditinjau pada Keputusan Pembelian Produk di Kota Jepara. SYARIAH: E-Proceeding of Islamic Law, 2(2), 223–232. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/SYARIAH/article/view/12194