Pandangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Terhadap Produk Kosmetik Bersertifikat Halal

Authors

  • Rian Rizqi Afreza IAIN Kudus, Indonesia
  • Alfina Zulfatun Nasywa IAIN Kudus, Indonesia
  • Zidni Rohmah IAIN Kudus, Indonesia

Keywords:

Kosmetik, Halal, Sertifikasi Halal, Kosmetik Halal, Produk Halal

Abstract

Kosmetik merupakan salah satu industri yang memiliki nilai sangat tinggi di Indonesia, yang di mana mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam, dalam agama Islam sendiri sesuatu yang dipakai harus bersifat halal baik dari bahan sampai kemasannya harus bersertifikasi halal dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Terlebih lagi kaum wanita yang saat ini kebanyakan menggunakan produk kosmetik sampai skincare yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan kulitnya setiap hari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya produk kosmetik yang bersertifikat halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sudah cukup menyadari akan pentingnya sertifikasi halal, hal itu dibuktikan dari hasil observasi 10 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang 10 diantaranya memiliki pengetahuandan kesadaran yang tinggi akan pentingnya sertifikasi halal, karena hal tersebut akan berdampak langsung pada tubuh pemakainya, umumnya mahasiswa memakai produk kosmetik lokal yang dimana produk tersebut mengedepankan keamanan dan kehalalan yang menjadikan kepercayaan mahasiswa untuk menggunakan produk tersebut. Dengan hasil tersebut juga diketahui bahwa mahasiswa dalam memilih produk kosmetik akan lebih memilih produk halal melalui review dari internet dengan melihat label kehalalan suatu produk yang pastinya juga sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 33 tahun 2014 yang telah mengatur tentang penjaminan produk halal dan sesuai dengan fitrah seorang Muslim.

References

Halim, H. T. (n.d.). Pengaruh Produk Kosmetik yang Berlabel Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada mahasiswa IIQ Jakarta Tahun 2021).

Hamid, A. A., dan Hassim, M. H. (2019b). Pengguna dan Kosmetik Halal: Perspektif Syariah.

Hasan, A. F. (2015). 101 Rahasia Wanita (Muslimah). Elex Media Komputindo.

Hasibuan, S., Nasution, M., dan Siregar, S. (2019). Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal serta Pengaruhnya Terhadap Brand Holistic. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 5, 216-231. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1882.

Helmi, A., dan Sarasi, V. (2020). Motivasi, Persepsi, dan Preferensi Konsumen Terhadap Kosmetik Halal. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 10 (1).

Lutfi, M. (2019). Konsumsi dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Madani Syari’ah, 2.

Pangaribuan, L. (2017). Efek Samping Kosmetik dan Penangananya Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15 (2). https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8771.

Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7 (1). https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402.

Sukiati, S. (2013). Konsep Halal dan Haram dalam Al-Qur’an Kajian Hukum Islam Tentang Konsumsi dengan Pendekatan Tafsir. Pascasarjana UIN-SU. https://doi.org/10/BAB%20VI%20.pdf

Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) pada Produk Pisang Keju Raja Rasa Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4 (2), 100-112. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i2.969.

Suryowati, B. (2020). Label Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas, dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal.

Tsani, A. F., et. al. (n.d.). Halal and Thayyib Food in Islamic Sharia Perspective (Makanan Halal dan Thayyib dalam Perspektif Syariat Islam). 1 (1).

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Afreza, R. R., Nasywa, A. Z., & Rohmah, Z. (2024). Pandangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Terhadap Produk Kosmetik Bersertifikat Halal. SYARIAH: E-Proceeding of Islamic Law, 2(2), 199–212. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/SYARIAH/article/view/12192