Kesadaran Hukum Pelaku Usaha dan Masyarakat Terhadap Produk Makanan Halal di Kabupaten Kudus
Keywords:
Kesadaran Hukum, Label Halal, Masyarakat, Pelaku UsahaAbstract
References
Baihaki, A., et. al. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Jaminan Produk Halal pada Makanan dan Minuman UMKM di Kota Bekasi. Krtha Bhayangkara, 16 (2), 315–338, https://doi.org/10.31599/krtha.v16i2.1501.
Chasanah, A. (2023). Sertifikasi Halal pada UMKM Produk Makanan di Desa Singajaya: UMKM Aulia Desa Singajaya. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Indriantoro, N., dan Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung: BPFE.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2014). Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014
Karim, M., et. al. (2022). Urgensi Penerapan Sertifikasi Halal Produk UMKM dalam Konteks Budaya Hukum di Kecamatan Pademawu Pamekasan. Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law, 4 (2), 145–166, https://doi.org/10.19105/alhuquq.v4i2.6707.
RISSC. (2022). DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/varia/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022
Soekanto, S. (2019). Kesadaran dan Kepatuhan Hukum. Bandung: CV Rajawali.
Sofiani, T. (2018). Membangun Kesadaran Hukum Konsumen Muslim Terhadap Produk Berlabel Halal di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, 2 (2), 189-202, https://doi.org/10.22515/alahkam.v2i2.1070.
Sup, D. F. A. (2023). Regulasi Pariwisata Halal di Indonesia. Dalam Potensi Pariwisata Halal di Indonesia. Medan: Az-Zahra Media Society.