Persepsi Mahasiswa Mengenai Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kudus)

Authors

  • Dian Arsita W. IAIN Kudus, Indonesia
  • Zahrotul Jannah IAIN Kudus, Indonesia

Keywords:

Persepsi, Produk Kosmetik, Kosmetik Halal, Gaya Hidup Halal, Keamanan Produk

Abstract

Produk kosmetik adalah produk kecantikan yang terdiri dari make up dan skincare. Produk ini umumnya dibuat dari campuran bahan kimia dan digunakan untuk mempercantik penampilan seseorang. Produk kosmetik yang memenuhi syarat halal semakin diminati oleh banyak masyarakat muslim di Indonesia. Hal ini terlihat dari meningkatnya produk kosmetik halal di pasaran. Di Indonesia pelabelan halal atau pemberian sertifikat halal dilakukan oleh MUI setelah dilakukan berbagai macam pengecekan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara dengan 10 mahasiswa Fakultas Syariah. Hasil penelitian menunjukkan adanya respon positif dari mahasiswa Fakultas Syariah terkait produk kosmetik halal. Mayoritas mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya produk kosmetik halal, dipengaruhi oleh nilai-nilai agama dan kebutuhan akan keamanan produk. Selain itu, mereka beranggapan bahwa penggunaan produk kosmetik halal merupakan bagian dari implementasi gaya hidup halal sesuai dengan ajaran agama Islam. Produk kosmetik yang sudah mendapatkan label halal merupakan persepsi yang paling sering disampaikan karena telah lolos uji BPOM dan mendapat sertifikat halal dari MUI sehingga dapat dipastikan kandungan zatnya yang aman dan manfaatnya yang sudah terjamin.

References

Agusty, L. E., dan Muttaqin, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Persepsi Atas Produk Halal dalam Pembelian Kosmetik Halal. Islamic Economics And Finance In Focus, 1 (4), http://dx.doi.org/10.21776/ieff.2022.01.4.08.

Ariyono, K. Y., et. al. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3 (2), https://doi.org/10.53625/jirk.v3i2.6019.

Asiyah, S., dan Hariri, H. (2021). Consumer Behavior Based on Religiosity Perilaku Konsumen Berdasar Religiusitas. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 5 (2), 158–166, https://doi.org/10.21070/perisai.v5i2.1533.

Hakim, A. (2021). Dasar Hukum Halal dan Penerapannya di Indonesia. http://repository.ikopin.ac.id/1415/1/3%20Dasar%20Hukum%20Halal-Abd.Hakim2-edited%20%281%29.pdf

Indika, D., dan Lainufar, S. (2016). Eksplorasi Sikap Konsumen Terhadap Kosmetik Halal (Studi Kasus: Wardah). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 13 (1), https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3517.

Nastiti, N. D., dan Perguna, L. A. (2020). Konstruksi Konsumen Muslim Terhadap Labelling Halal (Studi Fenomenologi Penggunaan Kosmetik Halal di Kalangan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang). Jurnal Analisa Sosiologi, 9 (1), https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/37671/27136.

Paramita, A., et. al. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 (2), https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1128.

Rosalita, D. M., et. al. (2023). Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1 (3), https://doi.org/10.59841 /xcellence.v1i3.375.

Rosyada, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13 (2), 213–218, https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.868.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8 (1), https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1 (3), 1–19.

Sup, D. F. A. (2023). Regulasi Pariwisata Halal di Indonesia. Dalam Potensi Pariwisata Halal di Indonesia. Medan: Az-Zahra Media Society.

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Pembelian Kosmetik Melalui Variabel Persepsi Sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2 (2), https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

W., D. A., & Jannah, Z. (2024). Persepsi Mahasiswa Mengenai Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kudus). SYARIAH: E-Proceeding of Islamic Law, 2(2), 69–84. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/SYARIAH/article/view/11890