تأثير سلوك في التجارة الإسلامية على رضى المستهلكين (دراسة حالة في UKP Ria Nusantara بمعهد الرسالة منطقة سلاهونج مدينة فونوروكو سنة 2018)
DOI:
https://doi.org/10.21111/jiep.v2i01.6362Abstract
Sukses dalam bisnis didasarkan pada layanan yang baik dengan menjadikan konsumen sebagai pelanggan. Karena basis perdagangan bisnis bukan untuk mengambil keuntungan materi semata, tetapi juga untuk membantu yang lain. Peneliti memilih objek penelitian di UKP Ria Nusantara dengan dasar bahwa UKP Ria Nusantara merupakan salah satu usaha milik pesantren Ar Risalah, dimana para santri belajar nilai-nilai Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku perdagangan syariah terhadap kepuasan konsumen di UKP Ria Nusantara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Metode pengumpulan data dengan membagi survei kepada 140 pembeli, menggunakan skala skala Likert. Peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku perdagangan syariah memiliki efek positif, menunjukkan bahwa hasil uji-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa perilaku perdagangan syariah berdampak pada kepuasan konsumen UKP Ria Nusantara. Dampak perilaku perdagangan Islam menunjukkan bahwa hasil uji R2 adalah 0,473, artinya perilaku perdagangan Islam memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 43,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini
References
الجرجاني محمد الشريف, كتاب التعريفات, مكتب لبنان 1985.
ابتهاج حجازي بدوي سالم, أخلاقيات التاجر المسلم (جمهور مصر العربية,دون السنة).
Basrah saidani, "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market", Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) vol.3 no.1 2012.
Fauzan dan Ida Nuryana, "Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang", Jurnal Modernisasi Vol.10, no.1, Februari 2014.
Hamdani, Good Corporate Governance Tinjauan Etika dalam Praktek Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta:2016.
https://makassar.terkini.id/belajar-dari-kasus-first-travel-5-hal-ini-bisa-jadi-pelajaran-penting-untuk-kita/, diakses pada tanggal 09 Mei 2018 pukul 15.09 WIB.
I Komang Gede Mahendra, "Pengaruh KualitasTerhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griya Sunset Kuta", Unud, 2014.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi 13. (jakarta: Erlangga, 2008).
Philip Kotler, Gary Armstrong, Principles of Marketing(edisi bahasa indonesia), Prenhallindo, Jakarta:1996.
Rahmat Priyanto, "pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung Saung Anklung Udjo", Jurnal Pariwisatavol. III, no.1, April 2016.
Simonangkir, Etika Bisnis, Jabatan, dan Perbankan (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Supriadi Setiawan, Loyalitas Pelanggan Jasa (Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya) (Bogor: IPB Press, 2011).
Veithzal Rivai, et al,Islamic Business and Economic Ethics (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).
ابتهاج حجازي بدوي سالم, أخلاقيات التاجر المسلم (جمهور مصر العربية,دون السنة).
Basrah saidani, "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market", Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) vol.3 no.1 2012.
Fauzan dan Ida Nuryana, "Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang", Jurnal Modernisasi Vol.10, no.1, Februari 2014.
Hamdani, Good Corporate Governance Tinjauan Etika dalam Praktek Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta:2016.
https://makassar.terkini.id/belajar-dari-kasus-first-travel-5-hal-ini-bisa-jadi-pelajaran-penting-untuk-kita/, diakses pada tanggal 09 Mei 2018 pukul 15.09 WIB.
I Komang Gede Mahendra, "Pengaruh KualitasTerhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griya Sunset Kuta", Unud, 2014.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi 13. (jakarta: Erlangga, 2008).
Philip Kotler, Gary Armstrong, Principles of Marketing(edisi bahasa indonesia), Prenhallindo, Jakarta:1996.
Rahmat Priyanto, "pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung Saung Anklung Udjo", Jurnal Pariwisatavol. III, no.1, April 2016.
Simonangkir, Etika Bisnis, Jabatan, dan Perbankan (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Supriadi Setiawan, Loyalitas Pelanggan Jasa (Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya) (Bogor: IPB Press, 2011).
Veithzal Rivai, et al,Islamic Business and Economic Ethics (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).