Analisis Penerapan Etika Rasulullah dalam Berdagang (Studi Kasus di Toko La Tansa Sport Ponorogo Tahun 2021)

Authors

  • ‪Suyoto Arief‬
  • Emir Abdul Aziz Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v5i3.6080

Abstract

Ekonom kontemporer yang mengikuti cara pandang ekonomi klasik Adam Smith, berkeyakinan bahwa sebuah perdagangan atau bisnis tidak mempunyai tanggung jawab social, dan bisnis terlepas dari etika. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan etika berdagang yang diajarkan oleh Rasulullah di Toko La Tansa Sport dan untuk mengetahui kesesuaian penerapan etika berdagang Rasulullah di Toko La Tansa Sport. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Grounded Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang dilakukan secara deskriptif analisis dan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan juga wawancara yang digunakan untuk mengumpulkan data. teknik analisisnya adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan berdagang di Toko La Tansa Sport menerapkan asas-asas etika yang diajarkan oleh Rasulullah seperti asas Shiddiq yang ditunjukkan dari cara Toko La Tansa Sport menanamkan prinsip penjualan yang saliim dan prinsip rasa takut dalam menipu, asas yang selanjutnya adalah asas Amanah yang juga ditunjukkan dari cara Toko La Tansa Sport menjaga dan menjamin kualitas barang yang akan dijual, kemudian adalah asas Fathanah yang juga dapat dilihat dari penerapan shalat berjamaah di setiap waktu shalat dan menghentikan aktivitas toko selama beberapa waktu, dan juga berbagai promo dan fasilitas yang disediakan oleh Toko La Tansa Sport, kemudian asas yang terakhir adalah asas Tabligh yang diterapkan Toko La Tansa Sport dengan membiasakan para staf dan karyawan untuk mejelaskan dagangannya sedetail mungkin tanpa ada yang dikurangi atau dilebihkan.            Kata Kunci: Perdagangan, Etika Rasulullah dalam Berdagang, Toko La Tansa Sport

Author Biography

‪Suyoto Arief‬

Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai Guru

References

Ahmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.Ahmad, Suyanto. 2008. Muhammad Business Strategy & Ethics Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Ali Hasan, 2001. Etika Bisnis Dalam Islam Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.Arifin, Johan. 2009. Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press.Badroen, Faisal. 2006. Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana.Buchori Alma, 2000. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfa BetaDjakfar, Muhammad. 2007. Agama, Etika dan Ekonomi, Malang: UIN-Malang Press, Cet. Ke-1.Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis, Bogor: Ghalia Indonesia.Kamaluddin, Laode. 2007. Rahasia Bisnis Rasulullah, Jakarta: Wisata Rohani.Khatimah, Khusnul. 2017 “Implementasi Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam di Aflah Bakery Yogyakarta”, skripsi, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Yusanto, Ismail. 2002. Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press.Muslich, 2004. Etika Bisnis Islam, Jakarta: Ekonisia.Priansa, Junni. 2009. Manajemen Bisnis Syariah, Bandung: Alfabeta.Rivai, Veithzal, 2012. Nuruddin, Amiur, Ananda, Faisar, Islamic Business And Economic Ethics, Jakarta: Bumi Aksara.Saifullah, Muhammad. 2011. Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah, Jurnal IAIN Walisongo Semarang.Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan al-Qur’an, Bandung: Mizan.Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis (Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R Dan D), Bandung: Alvabeta.Wehr, Hans. 1980. A Dictionary of Modern Written Arabic, London: McDonald & Evans Ltd.Zubair, Charris Achmad. 1995. Kuliah Etika, Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2022-07-27

Issue

Section

Articles