تحليل مزيج التسويق لدى المزوّد في نظر الإسلام (دراسة حالة في سوق المصغّر كونتور السادس ماجيلانج 2017-2018)
DOI:
https://doi.org/10.21111/jiep.v2i03.3782Abstract
Dalam mekanisme pasar selalu terjadi permintaan dan penawaran antara produsen dan konsumen yang mengakibatkan produsen harus membuat barang dengan kualitas dan harga yang terjangkau oleh konsumen. Dan para produsen harus memiliki strategi pemasaran agar dapat menarik minat para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran dan etika bisnis para suplayer di mini market gontor 6 dan kesesuaiannya dengan konsep strategi pemasaran dan etika bisnis dalam islam.Penelitian ini menggunakan metode deduktif dengan pendekatan studi kasus apa yang terjadi dilapangan. Penulis mengumpulkan data-data primer. Dalam mengumpulkan data-data tersebut penulis menggunakan metode observasi (observation method), kemudian meggunakan metode dokumentasi guna mengumpulkan data berupa data-data tertulis yang mengandung keterangan dengan penjelasan tentang apa yang terjadi dilapangan, dan menggunakan metode wawancara guna mengumpulkan data-data yang akurat dilakukan dengan tanya jawab secara lisan, bertatap muka atau lewat telepon dengan para suplier. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif untuk menemukan konsep strategi pemasaran islam, dan berfikir deduktif untuk menarik kesimpulan dari pembahasan.100% supplier di MM Gontor 6 menawarkan produk yang sudah mendapat label MUI dan BPOM juga terdaftar di DepKes. Hanya 12,5% dari sample yang kurang bisa berkomunikasi baik dengan para konsumen karena masih memaksa dan tidak bersikap fleksible dalam menghadapi konsumen yang terlambat membayar tagihan. Secara keseluruhan para supplier di MM gontor 6 sudah sesuai menerapkan Islamic marketing mix dan etika bisnis islam dengan baik dalam kehidupan berbisnis mereka. Dengan penelitian yang jauh dari kata sempurna ini, diharapkan pembahasan yang lebih lanjut agar penelitian ini menjadi lebih baik dan sempurna. Akhir kata semoga penelitian ini bermanfaat khususnya bagi peneliti sendiri dan bagi para pembaca pada umumnya.
References
القرآن الكريم
Alserhan, Baker Ahmad. 2011 “The principles of Islamic marketing”, England: Gower
Abudznaid, Samir. 2012 Islamic Marketing: Addressing the Muslim Market An - Najah Univ. J. Res. (Humanities). Vol. 26(6)
Arslan. Zeynep. 2008. Islamic Business Ethics and its Impact on Bauranc Business Decision Makin Process of Muslims.
Bungin, Burhan, 2009. Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Kualitatif dan Kuantitati, cetakan ketiga, Edisi Revisi, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Beekun, Rafiq Issa. 1997. “Islamic Business Ethics”. Virginia: International Institute of Islamic Thought.
Haji Ishak, Mohd. Shuhaimi, Abdullah, Osman Chuah, 2012 “Islamic Perspective on Marketing mix” International Journal Of Business And Management Studies Vol 4, No 2, P. 121-131
Hartono, Hendry dan Hutomo, Karya dan Mayangsari, Marshelina “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pejualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian”, Jurnal Bisnis, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Hashim, Muhammad. 2012 “Islamic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islamic Business Ethic”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences vol:02 np; 03.
Hasim, Nurhazirah, Hamzah, Muhammad Iskandar, 2014, “7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix”, Faculty of Business Management, No.130
J, Wilson, J, Liu. 2011 “The challenges of Islamic branding: navigating emotions and Halal”, Journal of Islamic Marketing, Vol. 2 No. 1.
__________, 2012 “The new wave of transformational Islamic marketing Reflections and definition”, Journal of Islamic Marketing 3(1): pp5-11
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2012 “ Marketing management 14th ed”. New Jersey:Prentice Hall
Nawatmi, Sri. 2010 “Etika Bisnis Dalam Prespektif Islam” Jurnal Fokus ekonomi, Universitas Stikubank, Semarang.
Probowati, Anna “Bauran Pemilihan Supplier Dalam Supply Chain Management Pada Bisnis Ritel” Pengajar Jurusan Managemen STIE Rajawali, Purworejo.
Rachmawati, Rina. 2011. “Peran Bauaran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran)”, Jurnal kompetensi tehnik Vol. 2, No. 2.
Saifullah, Muhammad “Etika Bisnis Islami Dalam Praktek bisnis Rasulullah” jurnal IAIN Walisongo, Semarang, vol. 19, no. 1, Mei 2011.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif , Cetakan kedelapan, Edisi Revisi, Bandung, ALFABETA.
Sukirno, Sadono. 2005, Mikroekonomi Teori Pengantar, Cetakan Ketiga, Edisi Revisi. Jakarta PT RajaGrafindo Persada
Sunyoto, Danang dan Putri, Harisa, Wika. 2016. Etika Bisni, membangun Kesuksesan berbisnis Melalui Manajemen Dan Prilaku Bisnis Yang Beretika. Jakarta. PT. Buku Seru.
Widyatmini dan Fajarfadli, Analisis Matrik Bcg Pada Bauran Pemasaran Produk Pada cv. Turangga mas motor, Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Yuliana, Rahmi. 2013 “Analisis Bauran Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang”, Jurnal STEI Semarang, Vol.2, No.
Zulkifli, Muhammad, dkk, The Concept of Business Ethics in Islamic Perspective: An Introductory Study of Small and Medium Enterprises (SMEs). Entrepreneurship Vision 2020: Innovation, Development Sustainability, and Economic Growth Enter
Zulkifli, Mohd dan Ana, Omar. 2015. “ Concept of Business Ethics in Islam- Approach to the Entrepreneur, Journal of Asian Business Strategy Volume 5, Issue 1
Alserhan, Baker Ahmad. 2011 “The principles of Islamic marketing”, England: Gower
Abudznaid, Samir. 2012 Islamic Marketing: Addressing the Muslim Market An - Najah Univ. J. Res. (Humanities). Vol. 26(6)
Arslan. Zeynep. 2008. Islamic Business Ethics and its Impact on Bauranc Business Decision Makin Process of Muslims.
Bungin, Burhan, 2009. Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Kualitatif dan Kuantitati, cetakan ketiga, Edisi Revisi, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Beekun, Rafiq Issa. 1997. “Islamic Business Ethics”. Virginia: International Institute of Islamic Thought.
Haji Ishak, Mohd. Shuhaimi, Abdullah, Osman Chuah, 2012 “Islamic Perspective on Marketing mix” International Journal Of Business And Management Studies Vol 4, No 2, P. 121-131
Hartono, Hendry dan Hutomo, Karya dan Mayangsari, Marshelina “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pejualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian”, Jurnal Bisnis, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Hashim, Muhammad. 2012 “Islamic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islamic Business Ethic”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences vol:02 np; 03.
Hasim, Nurhazirah, Hamzah, Muhammad Iskandar, 2014, “7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix”, Faculty of Business Management, No.130
J, Wilson, J, Liu. 2011 “The challenges of Islamic branding: navigating emotions and Halal”, Journal of Islamic Marketing, Vol. 2 No. 1.
__________, 2012 “The new wave of transformational Islamic marketing Reflections and definition”, Journal of Islamic Marketing 3(1): pp5-11
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2012 “ Marketing management 14th ed”. New Jersey:Prentice Hall
Nawatmi, Sri. 2010 “Etika Bisnis Dalam Prespektif Islam” Jurnal Fokus ekonomi, Universitas Stikubank, Semarang.
Probowati, Anna “Bauran Pemilihan Supplier Dalam Supply Chain Management Pada Bisnis Ritel” Pengajar Jurusan Managemen STIE Rajawali, Purworejo.
Rachmawati, Rina. 2011. “Peran Bauaran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran)”, Jurnal kompetensi tehnik Vol. 2, No. 2.
Saifullah, Muhammad “Etika Bisnis Islami Dalam Praktek bisnis Rasulullah” jurnal IAIN Walisongo, Semarang, vol. 19, no. 1, Mei 2011.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif , Cetakan kedelapan, Edisi Revisi, Bandung, ALFABETA.
Sukirno, Sadono. 2005, Mikroekonomi Teori Pengantar, Cetakan Ketiga, Edisi Revisi. Jakarta PT RajaGrafindo Persada
Sunyoto, Danang dan Putri, Harisa, Wika. 2016. Etika Bisni, membangun Kesuksesan berbisnis Melalui Manajemen Dan Prilaku Bisnis Yang Beretika. Jakarta. PT. Buku Seru.
Widyatmini dan Fajarfadli, Analisis Matrik Bcg Pada Bauran Pemasaran Produk Pada cv. Turangga mas motor, Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Yuliana, Rahmi. 2013 “Analisis Bauran Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang”, Jurnal STEI Semarang, Vol.2, No.
Zulkifli, Muhammad, dkk, The Concept of Business Ethics in Islamic Perspective: An Introductory Study of Small and Medium Enterprises (SMEs). Entrepreneurship Vision 2020: Innovation, Development Sustainability, and Economic Growth Enter
Zulkifli, Mohd dan Ana, Omar. 2015. “ Concept of Business Ethics in Islam- Approach to the Entrepreneur, Journal of Asian Business Strategy Volume 5, Issue 1