آثار عوامل تديّن التجار في سلوك التجارة (دراسة حالة في السوق تالون ماجيلانج 2018 )
DOI:
https://doi.org/10.21111/jiep.v1i4.3087Abstract
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Pasar Talun adalah salah satu pasar yang terbesar di daerah Magelang, selain itu letak pasar Talun juga sangat strategis untuk kalangan msayarakat pegunungan maupun pedesan di daerah kecamata Dukun kabupaten Magelang. Adapun jumlah pedagang pasar Talun mencapai 633 pedagang, yang dimana semua pedagangnya adalah orang islam dan menjual barang dagangan yang bermutu dan baik, serta tidak ada yang menjual dagangan yang haram atau tidak sesuai dengan islam seperti menjual daging babi, minuman keras dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh faktor religiusitas pedagang terhadap etika bisnis islam dan seberapa besar pengaruh faktor religiusitas pedagang terhadap etika bisnis islam di pasar Talun Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pasar Talun kabupaten Magelang yang berjumlah 633 pedagang. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden yang pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling, dikarenakan pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi. Dan metode analisis data menggunakan analisis validitas, realibitas, asumsi klasik, dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya secara significan variabel religiusitas berpengaruh terhadap etika bisnis islam. Dapat dilihat dari probabilitas variabel religiusitas sebesar 0,000 yang menandakan bahwa nilai tersebut lebih rendah dari 0,05 dan nilai ini menunjukkan bahwa variable religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap etika bisnis islam. Dan hasil penelitian ini bahwa variable religiusitas yang paling dominan dalam mempengaruhi etika bisnis islam adalah variabel peribadatan (praktek agama), dengan nilai 0,941.
References
القرآن الكريم
قاموس المعاني لكل رسم معني.
محمد بن عيسى بن سورة بن موسى بن الضاحاك، سنن الترمذي، (مصر: شركة مكتبة ومطبعة مصطفى البابي الحلبي، 1395ه/ 1975م).
Ancok, Djamaludin & Fuat Nashori Suroso, Psikologi Islami, Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001).
Astogini, Dwiwiyati, Wahyudin, dan Siti Zulaikha Wulandari, “Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal”, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, (Vol. 13, No. 1, Maret 2011).
Aziz, Abdul. Etika Bisnis Prspektif Islam Implementasi etika islami untuk dunia usaha, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cetakan Keempat. (Jakarta: Kencana, 2009).
Chandra, Edy, “Religiusitas Dalam Pendidikan Kimia (Esensi Pemikiran Pendidikan Kimiawan Klasik Jabir Bin Hayyan)”, Jurnal Scientiae Educatia, (Volume 1, edisi 1, April 2012).
Dahwal, Sirman, “Etika Bisnis Menurut Hukum Islam”, Jurnal Suatu Kajian Normatif.
Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis Islam. Cetakan-1. (Malang: UIN Malang Press, 2008).
Fauzan dan Irma Tyasari, “Pengaruh Religiusitas Dan Etika Kerja Islami Terhadap Motivasi Kerja”, Jurnal Modernisasi, (Volume 8, No. 3, Oktober 2012).
---------.“Pengaruh Religiusitas Terhadap Etika Berbisnis”. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. (Volume 15 Nomer 1 Maret 2013).
Haryanto, Rudy, dalam jurnal “Paradigma Baru dalam Etika Bisnis Modern”.
Hasan, Ali. Manajemen Bisnis Syariah Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
Hendra, Sandy Mukti, Juiani Pudjowati, Anggraeni Rahmasari, “Pengaruh Religiusitas, motif ekonomi dan sikap istiqomah terhadap perilaku nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Mojokerto”, Jurnal Ekonomi Pembangunan (Volume 2, Issue 1 2016).
Jalaluddin, Psikologi Agama, ( Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2005).
Kansil dan Christine Kansil, Pokok Pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia (Jakarta: SInar Grafika, 2013).
Kusumaningsih, Dian, “Religiusitas Pada Motivasi Dan Etika Profesi Akuntan Dalam Prespektif Islam”, Jurnal Akuntansi, (Volume 4, No. 3, September 2016).
Latan, Hengky, Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk ILmu Sosial SAINS dengan IBM SPSS, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Saifullah, Muhammad, “Etika bisnis islami dalam praktek bisnis Rasulullah”, Jurnal IAIN Walisongo”,( Volume 19, Nomor 1, Mei 2011).
Soeratno, Lincolin Arsyad, Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi, (Yogyakarta:UPP STIM YKPN, 2008).
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Edisi Kedua, (Jakarta: Rajawali Press, 2011).
Yunus, Mahmud. Etika Bisnis. Diakses dari Republika.Co.Id
قاموس المعاني لكل رسم معني.
محمد بن عيسى بن سورة بن موسى بن الضاحاك، سنن الترمذي، (مصر: شركة مكتبة ومطبعة مصطفى البابي الحلبي، 1395ه/ 1975م).
Ancok, Djamaludin & Fuat Nashori Suroso, Psikologi Islami, Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001).
Astogini, Dwiwiyati, Wahyudin, dan Siti Zulaikha Wulandari, “Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal”, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, (Vol. 13, No. 1, Maret 2011).
Aziz, Abdul. Etika Bisnis Prspektif Islam Implementasi etika islami untuk dunia usaha, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cetakan Keempat. (Jakarta: Kencana, 2009).
Chandra, Edy, “Religiusitas Dalam Pendidikan Kimia (Esensi Pemikiran Pendidikan Kimiawan Klasik Jabir Bin Hayyan)”, Jurnal Scientiae Educatia, (Volume 1, edisi 1, April 2012).
Dahwal, Sirman, “Etika Bisnis Menurut Hukum Islam”, Jurnal Suatu Kajian Normatif.
Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis Islam. Cetakan-1. (Malang: UIN Malang Press, 2008).
Fauzan dan Irma Tyasari, “Pengaruh Religiusitas Dan Etika Kerja Islami Terhadap Motivasi Kerja”, Jurnal Modernisasi, (Volume 8, No. 3, Oktober 2012).
---------.“Pengaruh Religiusitas Terhadap Etika Berbisnis”. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. (Volume 15 Nomer 1 Maret 2013).
Haryanto, Rudy, dalam jurnal “Paradigma Baru dalam Etika Bisnis Modern”.
Hasan, Ali. Manajemen Bisnis Syariah Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
Hendra, Sandy Mukti, Juiani Pudjowati, Anggraeni Rahmasari, “Pengaruh Religiusitas, motif ekonomi dan sikap istiqomah terhadap perilaku nasabah dalam menabung pada Bank Muamalat Mojokerto”, Jurnal Ekonomi Pembangunan (Volume 2, Issue 1 2016).
Jalaluddin, Psikologi Agama, ( Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2005).
Kansil dan Christine Kansil, Pokok Pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia (Jakarta: SInar Grafika, 2013).
Kusumaningsih, Dian, “Religiusitas Pada Motivasi Dan Etika Profesi Akuntan Dalam Prespektif Islam”, Jurnal Akuntansi, (Volume 4, No. 3, September 2016).
Latan, Hengky, Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk ILmu Sosial SAINS dengan IBM SPSS, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Saifullah, Muhammad, “Etika bisnis islami dalam praktek bisnis Rasulullah”, Jurnal IAIN Walisongo”,( Volume 19, Nomor 1, Mei 2011).
Soeratno, Lincolin Arsyad, Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi, (Yogyakarta:UPP STIM YKPN, 2008).
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Edisi Kedua, (Jakarta: Rajawali Press, 2011).
Yunus, Mahmud. Etika Bisnis. Diakses dari Republika.Co.Id