Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbal Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta

Authors

  • Aliyah Zahrah Fadhilah Ladamay Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ)
  • Trisiladi Supriyanto
  • Siwi Nugraheni

DOI:

https://doi.org/10.21111/iej.v7i2.6552

Keywords:

Minat, Investasi, Generasi Z, sukuk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, literasi keuangan, risiko, imbal hasil, dan religiusitas terhadap minat berinvestasi sukuk generasi Z di Jakarta. Deskriptif kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan populasi yang digunakan adalah generasi Z di Jakarta yang berumur 17-26 tahun menggunakan teknik sampling non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert empat poin. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial, risiko, dan religiusitas berpengaruh signifikan secara parsial, sedangkan literasi keuangan dan imbal hasil tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berinvestasi sukuk generasi Z di Jakarta, dan secara simultan seluruh variabel memiliki pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, diaharapkan regulator dapat memanfaatkan faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap minat berinvestasi sukuk generasi Z di Jakarta.  

References

Adnantara, Komang Fridagustina, Ni Nyoman Sri Rahayu Trisna Dewi, and Gde Herry Sugiarto Asana. “Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi.” Jurnal Ilmiah Akuntansi 2, no. 2 (2018): 173–90.Aldrich, James O., and James B. Cunningham. Using IBM® SPSS® Statistics: An Interactive Hands-On Approach. 2nd ed. California: SAGE Publications, Inc, 2015.Alfaruk, Muhammad Hasym. “Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausahan Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.” Jurnal Ekonomi Penddikan Dan Kewirausahaan 4, no. 2 (March 18, 2017): 164–72.Amalia, Husna Fitri. “Pengaruh Return Dan Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Galeri Investasi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.Arda, Mutia, and Dewi Andriany. “Analisis Faktor Stimuli Pemasaran Dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z.” Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi 6681, no. 2 (2019): 433–40.Aristantia, Selvia Eka. “Pesona Sukuk Ritel Seri 13 (SR013) Sebagai Alternatif Investasi Di Masa Pandemi Covid-19.” El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10, no. 2 (2020): 133–45.Budiman, Nita Andriyani. “Analisis Minat Masyarakat Dalam Berinvestasi Sukuk.” Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam 2, no. 2 (2018): 146–54. https://doi.org/10.22236/alurban.Bursa Efek Indonesia. “Produk Syariah.” idx.co.id, 2018.Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung 9, no. 1 (2016): 140–57. http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73.Darmawan, Akhmad, Kesih Kurnia, and Sri Rejeki. “Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 8, no. 2 (2019): 44–56..Fadzlurrahman, Fadzlurrahman, and Lastuti Abubakar. “Pengalokasian Risiko Dalam Pembiayaan Proyek Berbasis Sukuk Guna Mewujudkan Kemudahan Berusaha.” Jurnal Jurisprudence 9, no. 2 (2019): 133–48.Faidah, Faridhatun. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa.” JABE (Journal of Applied Business and Economic) 5, no. 3 (2019): 251. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i3.3484.Fariqi, Shulhan. “Pengaruh Motivasi Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Di Mediasi Oleh Perkembangan Teknologi.” Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.Fitri, Sulidar. “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (April 17, 2017): 118–23.Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, and Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10, no. 1 (2020): 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.Hasudungan, Anju Nofarof, and Yusuf Kurniawan. “Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform Www.Indonesia2045.Org Anju Nofarof Hasudungan.” In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1:51–58, 2018. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263.Hertanto, Eko. “Perbedaan_Skala_Likert_Lima_Skala_Dengan.” Metodologi Penelitian, 2., no. September (2017): 2–3. https://www.academia.edu.Iskamto, Dedi, and Yulihardi. “Analisis Peranan Religiusitas Terhadap Kepercayaan Kepada Perbankan Syariah.” Magdis, Jurnal Kajian Ekonomi Islam - 02, no. Juli-Desember 2017 (2017): 206–14.Jati, Wasisto Raharjo. “Bonus Demografi Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi : Jendela Peluang Atau Jendela Bencana Di Indonesia ?” Populasi 26, no. 1 (2015): 1–19. https://jurnal.ugm.ac.id/populasi/article/view/8559.Jaya, I Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Edited by Fira Husaini. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.Junifa, Riccelia. “Analisis Pengaruh Pemahaman Tentang Teori Investasi, Sosialisasi Pasar Modal Syariah, Media Sosial, Dan Pengetahuan Umum Terhadap Minat Dalam Berinvestasi Saham Syariah.” Universitas Andalas, 2019.Kardoyo, and Isticharoh. “Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, Dan Teknologi Media Sosial.” Economic Education Analysis Journal 9, no. 3 (November 6, 2020): 892–906.Kementrian Keuangan Republik Indonesia, and Djppr. “Sukuk Ritel Seri SR014.” Kemenkeu.Go.Id, 2021. https://www.kemenkeu.go.id/sukukritel.Madden, Claire. Hello Gen Z: Engaging the Generation of Post-Millennials (Revised Edition). 1st ed. Sydney: Hello Clarity, 2017.Manan, Abdul. Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi Di Pasar Modal Syariah. Edited by Endang Wahyudin. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2017.Nabilah, Firdariani, and Hartutik. “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Pasar Modal Syariah Pada Komunitas Investor Saham Pemula” 1, no. 1 (2020): 55–67.Nandar, Haris, Mustafa Kamal Rokan, and M Ridwan. “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Iain Zawiyah Cot Kala Langsa.” KITABAH: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah. Vol. 0, December 5, 2018.Nguyen, Thi Anh Nhu, Zoltán Rózsa, Jaroslav Belás, and Ľudmila Belásová. “The Effects of Perceived and Actual Financial Knowledge on Regular Personal Savings: Case of Vietnam.” Journal of International Studies 10, no. 2 (2017): 278–91. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2017/10-2/19.Otoritas Jasa Keuangan. “Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan 2019.” ojk.go.id, 2019.Pangestika, Tri, and Ellen Rusliati. “Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal.” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen 12, no. 1 (2019): 37. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i1.1524.Pasaribu, Lia Octaria, and Citra Kusuma Dewi. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impluse Buying Pada Toko Online : Studi Pada Toko Online Zalora.” Bina Ekonomi 19, no. 2 (August 28, 2015): 159. http://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/1486.Pribadi, Yanuar. “Preferens Generasi Milenial Untuk Berinvestasi Sukuk.” Research Journal on Islamic Finance 06, no. 2 (December 31, 2020): 80–89.iyastama, Romie. Buku Sakti Kuasai SPSS : Pengolahan Data & Analisis Data. Edited by Tari. 1st ed. Yogyakarta: START UP, 2017.Priyatno, Duwi. SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum. Edited by Giovanny. Yogyakarta: ANDI, 2018.Pulungan, Andrey Hasiholan. “Pengaruh Religiusitas Dan Insentif Keuangan Terhadap Intensi Melakukan Whistleblowing Pada Faith-Based Organization.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 5, no. 1 (2019): 75. https://doi.org/10.35590/jeb.v5i1.682.Purnamawati, Indah. “Perbandingan Sukuk Dan Obligasi (Telaah Dari Perspektif Keuangan Dan Akuntansi).” Jurnal Akuntansi Universitas Jember 11, no. 1 (2015): 62.Putri, Citra Sugianto. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1, no. 5 (2016): 594.Putri, Ni Made Dwiyana Rasuma, and Henny Rahyuda. “Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9 (2017): 3407.Radoni, Ahmad, and Muhammad Anwar Fathoni. Manajemen Investasi Syariah. Edited by M. Masykur. 1st ed. Salemba Diniyah, 2019.Ramadayanti, Rizky Suci, Dedy Mainata, and Angrum Pratiwi. “Peran Sukuk Negara Dalam Pembiayaan Infrastruktur.” Al-Tijary 2, no. 2 (January 2, 2018): 155.Rapih, Subroto. “Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa Dan Bagaimana?” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 2 (May 25, 2016): 14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.Republika.id. “Penjualan Sukuk Ritel Tetap Tinggi : Investor SR-014 Didominasi Oleh Generasi Milenial.” Republika, 2021.Rodoni, Ahmad, and Muhammad Anwar Fathoni. Manajemen Investasi Syariah. Edited by Aklia Suslia. 1st ed. Jakarta: Salemba Diniyah, 2019.Saputra, D. “Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi, Dan Edukasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan).” Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 5, no. 2 (2018): 178–90.Saraswati, Ade Maya, and Arif Widodo Nugroho. “Perencanaan Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z Di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Penguatan Literasi Keuangan” 24, no. 2 (2021): 309–18.Silalahi, R R. “Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Generasi Z : Pelatihan Guru TIK(Teknologi, Informasi Dan Komunikasi)Optima Education.” Jurnal Madani 5931, no. x (2018).Soemitra, Andri. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. 2nd ed. Jakarta: kencana, 2016.Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Edited by Sutopo. 2nd ed. Alfabeta, CV, 2019.Sustiyo, Joko. “Apakah Literasi Keuangan Memengaruhi Perilaku Konsumsi Generasi Z?” Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam 5, no. 1 (2020): 25–34. https://doi.org/10.34202/imanensi.5.1.2020.25-34.Sutrisno. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jarinngan Dengan Media Pembelajaran. Edited by Yayuk Umaya. 1st ed. Ahlimedia Book, 2020.Tahaha, Hisban, and Edhy Rustan. “Orientasi Religiusitas Dan Efikasi Diri Dalam Hubungannya Dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa IAIN Palopo.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 13, no. 2 (December 31, 2017): 163.Tandio, Timothius, and A. A. G. P. Widanaputra. “Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa.” E-Jurnal Akuntansi, 2016.Tempo.co. “85 Persen Konsumen E-Commerce Berasal Dari Generasi Z Dan Milenial.” bisnis.tempo.co, 2020.Tripuspitorini, Fifi Afiyanti. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung Di Bank Syariah.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 4, no. 2 (2019): 54–69.Wijanarko, Agus, and Lucky Rachmawati. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3, no. 1 (2020): 104–16.Yanuar, Oleh, and Surya Putra. “Theoritical Review :Teori Perbedaan Generasi.” Among Makarti 9, no. 2 (May 3, 2017). https://doi.org/10.52353/AMA.Yushita, Amanita Novi. “Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 6, no. 1 (2017).

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles