Analisis Pengaruh Karakteristik Mauqūf ‘alaihi Terhadap Kelancaran Pelunasan Al-qardhu Al-hasan (Studi Kasus Program Protab di BWUT-MUI Provinsi DIY)

Mufti afif

Abstract

Berita Resmi Statistik No. 45/07/Th. XV, 2 Juli 2012 menyebutkan; tinggi rendahnya tingkat kemiskinan yang terjadi di Indonesia salah satunya tergantung pada pendapatan yang diterima oleh masyarakat, pengeluaran terhadap pendidikan serta kebijakan pemerintah dalam menurunkan tingkat pengangguran. Adapun upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan kaum miskin tersebut diberlakukan sebuah program pinjaman modal dan dana bantuan sosial.

Badan Wakaf Uang Tunai (BWU-T) MUI DIY sebagai lembaga sosial kemasyarakatan, mencoba mendukung program pemerintah Indonesia dengan memberikan bantuan modal pada kaum miskin dengan membebaskan biaya-biaya yang memberatkan seperti jaminan dan agunan. Program BWU-T yang dinamakan PROTAB (Pinjaman Produktif Tanpa Agunan dan Biaya) itu tidak sekedar memberikan pinjaman dana saja, tapi juga memperhatikan mauquf alaihi (nasabahnya) berupa pendampingan dalam berwira usaha serta membina pengembangan usaha sebagai upaya pengawasan.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kelancaran mauquf alaihi dalam melunasi angsuran pinjaman di BWU-T. Adapun variabel-variabel yang diduga mempengaruhi kelancaran pembayaran pinjaman adalah karakteristik mauquf alaihi yang di dasarkan pada 3C (character, capasity dan condition), dan pengolahan data dilakukan dengan metode analisis regresi logistik.

Keywords

Wakaf; Al-Qard; Karakter mauquf alaihi; Pelunasan; Lancar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.